Kamis 28 Aug 2014 23:47 WIB

Jamaah Haji Diminta Waspadai Perubahan Cuaca

Poster bertuliskan himbauan kesehatan kepada calon jamaah haji terpampang di Ruang Serba Guna, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta,
Foto: Republika/Yasin Habibi
Poster bertuliskan himbauan kesehatan kepada calon jamaah haji terpampang di Ruang Serba Guna, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Calon haji asal Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, diingatkan untuk selalu mewaspadai perubahan cuaca selama di Tanah Suci Mekah karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars mengatakan selama di Tanah Suci, berbagai cobaan kemungkinan akan muncul silih berganti dihadapi para jamaah, maka hal yang terpenting dan perlu sejak sekarang dipersiapkan adalah menjaga kesehatan.

"Persiapan baik lahir maupun batin sangat perlu, terutama dalam menghadapi perubahan cuaca di tanah suci," katanya saat secara resmi menutup bimbingan manasik haji bagi calon haji asal kabupaten itu di Gedung Balairung Pemkab Deliserdang.

Ia mengatakan, jamaah calon haji harus perlu persiapan yang matang, khususnya terhadap pelaksanaan rukun wajib ibadah haji.

"Ilmu haji itu diperoleh antara lain melalui manasik haji yang diselenggarakan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nantinya akan memperoleh hasil yang baik dan sempurna yakni sebagai haji mabrur," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, calon haji mulai saat ini juga harus terus melatih diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan, dengan selalu bersikap sabar, tabah sekaligus menumbuhkan semangat toleransi kesetiakawanan, kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama jamaah.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan khusus kepada petugas Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) yang akan bertindak sebagai pembimbing, agar bekerja dengan sebaik-baiknya sejak pemberangkatan jamaah sampai dengan kembalinya ke tanah air nantinya.

Begitu juga dengan petugas tim kesehatan secara khusus juga diminta agar benar-benar dapat memperhatikan kondisi kesehatan setiap jamaah untuk mengantisipasi secara cepat atas kemungkinan penyakit yang menimpa jamaah.

Sebelumnya Kepala Kementerian Agama Kabupaten Deliserdang Ilhamsyah Pasaribu mengatakan pelaksanaan pelatihan manasik Haji ini sesuai dengan harapan berjalan dengan baik dan penuh semangat.

Sebanyak 444 calhaj asal Deliserdang termasuk dalam Kloter XII dan akan masuk asrama Haji Medan pada Minggu (14/9) dan ke Tanah Suci melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport pada Senin (15/9) pukul 00.15 WIB.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement