Jumat 29 Aug 2014 05:22 WIB

Masjidil Haram Masih Lengang (1)

Masjidil Haram
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan Penyelenggara Haji Khusus Maktour untuk Arab Saudi, Noval Lukman, mengungkapkan saat ini kondisi Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, masih lengang. Belum banyak jamaah haji yang tiba di Tanah Suci.

''Yang baru terlihat kebanyakan para calon jamaah haji asal Pakistan,'' ungkap Noval Lukman kepada Republika melalui jaringan internasional, Kamis (28/8).

Dengan kondisi seperti itu, sambung Noval yang berangkat bersama 11 tim persiapan Maktour ke Tanah Suci, Selasa (26/8), dia bersama rombongan bisa dengan nyaman melaksanakan thawaf mau pun sa'i di Masjidil Haram.

''Bahkan, ada beberapa di antara rombongan kami yang dapat mencium Hajar Aswad dengan tenang, tidak perlu terburu-buru seperti pada musim umrah Ramadhan lalu,'' ungkapnya semringah.

Ketika berbincang dengan Republika, Noval mengaku baru saja menyelesaikan ibadah shalat dhuha di Masjidil Haram.

''Alhamdulillah, saya dan rombongan baru saja menyelesaikan shalat dhuha di Masjidil Haram dengan tenang. Sebelumnya, saya sempat shalat sunnah di Hijir Ismail dan berdoa di Multazam.''

Noval menyaksikan, renovasi Masjidil Haram masih terus dikebut Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. ''Pemantauan saya, sekitar seribu pekerja masih terus menyelesaikan renovasi pembangunan Masjidil Haram. Saat ini, sekitar 60 persen renovasi sudah rampung,'' paparnya menjelaskan.

Akibat masih lengangnya calon jamaah haji yang tiba di Masjidil Haram, menurut Noval, jamaah yang melaksanakan ibadah thawaf mengelilingi Ka'bah, melaksanakannya hanya di lantar dasar Masjidil Haram.

''Jadi, hampir tidak ada jamaah yang melaksanakan thawaf di lantai atas, begitu juga yang melakukan ibadah sa'i,'' papar Noval Lukman menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement