Jumat 29 Aug 2014 13:38 WIB

Jamaah Haji Mulai Berdatangan (3-habis)

Jamaah haji melakukan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo/ca
Jamaah haji melakukan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky al Hamzah

Di area sai, disediakan galon minuman Air Zam-zam, bisa diminum sewaktu-waktu bila jamaah kelelahan menyelesaikan tujuh putaran sai.

Galon minuman Air Zam-zam juga disediakan di belakang Maqam Ibrahim dan di dalam Masjidil Haram serta area luar Masjidil Haram.

Bila air Zam-zam di luar Masjidil Haram berasa dingin, tidak dengan air Zam-zam di dalam Masjidil Haram yang berasa hangat.

 

Setelah menjalankan ibadah umrah, secara keseluruhan, para petugas haji (PPIH) Indonesia non kloter --berjumlah sekitar 806 orang-- sudah bersiap menanti kedatangan jamaah haji asal Indonesia.

Petugas haji Kemenag berkewajiban memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan terhadap 168.800 jamaah haji Indonesia pada tahun ini. Mereka akan beribadah haji bersama jutaan jamaah dari sejumlah negara.

 

Kemenag memperkirakan, suhu udara di Arab Saudi pertengahan September 2014 mencapai sekitar 40 derajat celcius. Untuk itu, jamaah diminta menjaga kesehatan, sering minum air serta menjaga kebugaran tubuh.

Petugas kesehatan PPIH dr Edy Yuwono menyarankan agar jamaah haji meminum Air Zam-zam hangat, bukan dingin. "Kalau minum air Zam-zam yang dingin, justru menurunkan daya tahan tubuh," katanya kepada Republika.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, menurut Edy Yuwono, dianjurkan para calon jamaah haji banyak berolahraga secara rutin, untuk membiasakan diri bila saat Wukuf di Tanah Suci.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement