Selasa 09 Sep 2014 10:25 WIB

Kesiapan Menyambut Jamaah Haji Gelombang II Dimatangkan (1)

Jamaah haji Indonesia sedang menunggu koper di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah
Foto: Heri Ruslan/Republika
Jamaah haji Indonesia sedang menunggu koper di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDDAH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Jeddah mematangkan kesiapan menyambut kedatangan jamaah haji pada Gelombang II yang akan dimulai 15 September 2014.

Pelayanan penyambutan jamaah calon haji (JCH) pada pekan pertama Gelombang I akan ditingkatkan dua kali lipat pada pelayanan haji pada Gelombang II. 

JCH asal Indonesia yang mendarat di Bandara Jeddah akan diterbangkan dalam 287 kloter dan terbagi dalam dua gelombang. Gelombang 1 terdiri 81 kloter, dan Gelombang 2 terdiri 186 kloter.

"Data per Pukul 12.00 waktu Arab Saudi, Ahad (7/9), jumlah jamaah yang sudah kita layani sebanyak 14.684 orang dalam 37 kloter, dan ini terus berlanjut kedatangannya," ujar Ketua Daker Jeddah, Ahmad Abdullah Yunus, dalam jumpa pers di Media Center Haji (MCH) Daker Jeddah, di Jeddah, Arab Saudi, Ahad (7/9) siang.

Kesiapan yang perlu dimatangkan kembali adalah katering, penjemputan jamaah dari Gate (pintu keluar) Bandara International King Abdul Aziz, pelayanan selama di Plaza Bandara atau ruang tunggu bandara hingga keberangkatan jamaah calon haji ke Makkah.

Pada masa Gelombang I, jamaah calon haji masih diberangkatkan ke Madinah untuk melaksanakan Shalat Arbain di Masjid Nabawi. Sedangkan untuk JCH di Gelombang II, langsung diberangkatkan ke Makkah untuk menjalani wukuf di Arafah.

Dalam kesiapan pematangan penyambutan JCH pada Gelombang II, pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan dua kepala sektor yang bertanggung jawab melayani JCH di Bandara Jeddah hingga keberangkatan ke Madinah dan Makkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement