Rabu 10 Sep 2014 19:47 WIB

Lukman Hakim Saifuddin, Amirul Hajj 2014

Rep: c78/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan pimpinan delegasi jamaah haji Indonesia (Amirul Hajj) penyelenggaraan Ibadah Haji 2014, yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Pada 25 September mendatang, bersama jajaran anggota Amirul Hajj lainnya, ia akan memimpin rombongan ke Arab Saudi.

Untuk mempersiapkan agenda kegiatan selama di tanah suci nanti, Menag pun menyelenggarakan Rapat Koordinasi Amirul Hajj 2014 pada Rabu (10/9). Nantinya, Amirul Hajj akan mewakili jamaah haji ketika ada pertemuan maupun undangan dari Raja Arab Saudi. Selain itu, Amirul Hajj mewakili jamaah dalam pertemuan antar Amirul Hajj seluruh dunia.

"Agenda rapat yaitu mengkoordinasikan persiapan menjelang keberangkatan, jadi terkait apa tugas dan kegiatan kita selama di tanah suci, itu yang sedang kita susun," kata Menag saat ditemui usai rapat di gedung Kementerian Agama. Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa dalam rapat dibahas soal agenda pertemuan Amirul Hajj dengan para petugas haji di masing-masing daerah kerja (daker) baik yang ada di Jeddah, Madinah dan Makkah.

Kemudian akan dilakukan pula pertemuan dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) komisi VIII serta Deean Perwakilan Daerah (DPD) yang memang menjadi salah satu kelompok pengawas haji. "Dibahas pula agenda pertemuan dengan Menteri Haji dari pemerintah Saudi dan Muassasah," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Menag, Amirul Hajj akan menghadiri malam taaruf yakni bertemu dengan seluruh petugas yang ada di Saudi Arabia. Di sana, salah seorang perwakilan dari Amirul Hajj akan memberikan tausiyah kepada hadirin sembari mengontrol kondisi pemondokan secara langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement