Ahad 21 Sep 2014 18:47 WIB

Jamaah Asal Kalsel Tersesat Hingga ke Jeddah

Jamaah haji di Kota Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Zarqowi Maksum/ca
Jamaah haji di Kota Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Sejumlah jamaah haji asal Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, diduga tersesat saat melaksanakan ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah. Beberapa orang di antaranya ada yang menyasar hingga ke Jeddah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin, Sabtu (20/9), di Banjarmasin, mengungkapkan, seorang jamaah haji Kalsel yang tersesat hingga ke Jeddah itu atas nama Nawawi Sahri Abbas (52 tahun), dari kloter I, Kabupaten Tabalong. Ia tersesat jauh setelah melaksanakan ibadah tawaf umrah wajib pertama di Masjidil Haram.

“Mungkin saat perjalanan pulang ke pemondokan, dia (Nawawi) terpisah rombongan, dan berjalan sendiri hingga nyasar sampai ke Jeddah,” ujarnya. Dari informasi salah satu petugas PPIH nonkloter di Makkah, Nawawi sudah dijemput di Jeddah. Saat ini, Nawawi sudah bergabung kembali dengan rombongannya.

Berdasarkan informasi yang diterima, ujar Thamrin, bukan hanya Nawawi yang tersesat. Ia mengungkapkan, sejumlah jamaah lain juga dari Kabupaten Tabalong tersesat hingga ke sektor lain. “Padahal, thawaf wajib haji baru dua putaran,” katanya.

Saat ini, kloter II Kalsel dari Kota Banjarmasin dikabarkan juga sudah berada di Makkah. Mereka ditempatkan di pemondokan haji di wilayah Mahbaz Jin atau sekitar dua kilometer dari Masjidil Haram. “Kabar sementara, alhamdulillah semua jamaah haji kita yang sudah dua kloter di sana atau sekitar 650 orang dengan petugas haji dalam kondisi sehat,” katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement