Senin 22 Sep 2014 11:15 WIB

Lagi, Jamaah Haji Nonkuota Telantar di Arab Saudi

Mustofa (11) bersama Maskur bapaknya asal Madura, Jatim, menjadi jamaah haji non kuota ketika berada di Daker Mekkah
Foto: Antara
Mustofa (11) bersama Maskur bapaknya asal Madura, Jatim, menjadi jamaah haji non kuota ketika berada di Daker Mekkah

Oleh: Zaky Al Hamzah

REPUBLIKA.CO.ID,  JEDDAH -- Kasus penelantaran jamaah haji nonkuota asal Indonesia kembali terjadi di Arab Saudi. Kali ini dialami sepasang suami-istri jamaah haji asal Indonesia.

Keduanya tampak kebingungan ketika ditemukan di perempatan lampu merah di Kota Makkah yang berjarak sekitar 500 meter dari Masjidil Haram. Ternyata sepasang suami-istri ini termasuk jamaah haji nonkuota.

Mereka tidak tahu kalau mereka termasuk jamaah haji nonkuota yang tidak terdata di Kementerian Agama (Kemenag) RI maupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi. Padahal, Kemenag RI terus menginformasikan dan menyosialisasikan supaya warga yang berniat beribadah haji tidak berangkat melalui jalur haji nonkuota.

Pasalnya, kebanyakan jamaah haji nonkuota mengalami nasib kurang menguntungkan di Tanah Suci, seperti telantar di pemondokan atau tidak mendapat makanan saat di Armina, karena tidak ada yang mengurus.

Kepala Seksi Pengendalian Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Cecep Nursyamsi, mengatakan biasanya jamaah haji non-kuota ini masuk menggunakan visa ziarah, visa pekerja, atau visa undangan calling call dari Pemerintah Arab Saudi.

"Ada juga yang menggunakan visa haji, namun jumlahnya tidak banyak, karena terus menurun tiap tahun," ujarnya ditemui di kantor Teknis Urusan Haji (TUH) KJRI, Jeddah, Jumat (19/9) malam waktu arab saudi (WAS). Selain mengontrol dan mengawasi 13.600 orang jamaah haji khusus, Cecep juga bertugas memantau masuknya haji nonkuota di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

 

Ikuti informasi terkini seputar sepak bola klik di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement