Senin 22 Sep 2014 20:22 WIB

Siswa pun Bagi-bagi Bingkisan untuk Tamu Allah (1)

 Siswa Madrasah Hudaibiya bagi-bagi bingkisan termasuk Alquran dan Tafsir.
Foto: Republika/Neni Ridareni
Siswa Madrasah Hudaibiya bagi-bagi bingkisan termasuk Alquran dan Tafsir.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Neni Ridarineni

 

MAKKAH -- Beberapa Siswa Madrasah Hudaibiya, Syisyah Makkah berkumpul di aula sekolahnya yang berada di sebelah kiri Kantor Daerah Kerja Makkah Senin (22/9) sekitar pukul 09.00 Waktu Arab Saudi. 

Di dinding bagian depan sekolah ini terpampang berbagai tulisan yang isinya penyambutan terhadap tamu Allah dalam bahasa Inggris maupun Arab diantaranya Melayani jamaah adalah penghargaan bagi kami.

 

Di Aula sekolah terdapat belasan siswa dan guru yang berdiri di dekat meja-meja yang ditata seperti halnya bazar. Meja-meja tersebut untuk meletakkan aneka macam bingkisan yang disiapkan untuk para jamaah haji .

 

Ada meja untuk tempat Al-Qur'an dan tafsirnya dan kurma, Ada meja khusus untuk minuman, ada meja khusus untuk tempat bingkisan yang dimasukkan dalam dos dan dos tersebut berisi biskuit, puding, jus jeruk, aqua botol, jam kurma.

Setiap meja dijaga para siswa yang merupakan pengurus sekolah seperti OSIS di Indonesia OSIS. Mengenakan seragam gamis putih dan kafiyeh kotak-kotak warna merah-putih, dengan sigap dan santun para siswa tersebut membagikan beerbagai hidangan kepadas para tamu Allah.

Hidangan yang dibagikan kepada para tamu Allah itu berupa kurma, minuman, biskuit, puding buah, Al-Qur'an, Tafsir  Al-Usyr Al-Akhir dari Al Qur'an Al Karim  yang terdiri dari lima bahasa (Indonesia, Kurdu, Turki, Inggris dan Arab).

 

Menurut salah seorang guru Madrasah Tsanawiyah Hudaibiya Shalih Rasyid Az Zahrani, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk budaya yang digelar di Makkah untuk melayani tamu-tamu Allah dan mempererat persaudaraan sesama muslim.

 

''Alhamdulillah ini program setiap tahun yang merupakan pelayanan terhadap jamaah haji di Makkah. Sampai saat ini sekolah ini sudah sembilan kali (sembilan tahun) mengadakan kegiatan ini,'' kata Shalih dengan bahasa Arab yang diterjemahkan Zainal Fatah, seorang mukimin yang menjadi petugas haji Daker Makkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement