Selasa 23 Sep 2014 10:15 WIB

Ini Jamaah Haji Tertua Tahun Ini

Jamaah haji Indonesia di Madinah.
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari/ca
Jamaah haji Indonesia di Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, LIWA-- Aksin bin Ahsan Santri Batin, berusia 92 tahun dari Pekon (Desa) Penengahan Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung, merupakan calon haji tertua dari daerah itu. Dan mungkin juga menjad salah satu jamaah yang tertua yang menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Burlianto Eka Putra, di Liwa, Lampung Barat, Selasa, selain Aksin, calon haji Romala binti Hakim Ali, 83 tahun, dari Pemangku II Pekon Sukabumi Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat merupakan calon haji tertua wanita.

Sedangkan calon haji termuda pria adalah Sarmanto bin Umaryono Sulaiman, 35 tahun, dari Pekon Campang Tiga Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat, dan calon haji wanita termuda Mike Herlin binti Erdiman Zainudin, 31 tahun, dari Kelurahan Pasar Liwa Lampung Barat.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri pada Senin (22/9) dini hari telah melepas 215 orang jemaah calon haji asal daerahnya maupun dari Kabupaten Pesisir Barat dari Islamic Center kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit.

"Calon haji yang dilepas Bupati Mukhlis Basri itu berasal dari dua kabupaten, 167 orang dari Lampung Barat, dan dari Kabupaten Pesisir Barat sebanyak 48 orang," ujar Kabag Kesra Lampung Barat Darmansyah menambahkan.

Kepala Staf Penyelenggara Haji Lampung Barat Khobiran Syah menjelaskan, calon haji Lampung Barat dan Pesisir Barat akan bergabung dengan calon haji dari Kota Bandarlampung 133 orang, dan dari Kabupaten Tanggamus sebanyak 102 orang.

Lampung Barat dan Pesisir Barat berada dalam gelombang kedua Kloter 19 Embarkasi Jakarta (JKG). Menteri Agama mempercayakan petugas kloter dan petugas daerah dari Kloter 19 ini kepada Sulaiman Amad Ngadena selaku tim pembimbing haji Indonesia, Nursaad Mualim Santawi tim pembimbing ibadah haji Indonesia, dan Indramayanti Warganegara Saad selaku tim kesehatan haji Indonesia (TKHI), lalu Febry Mirhadi Suhardi dan Sholohin Waskam Darsam sebagai paramedis.

Sedangkan tim petugas haji daerah (TPHD) yang akan mendampingi calon haji Kabupaten Lampung Barat sesuai dengan keputusan Bupati Lampung Barat adalah Gunawan Rasyid.

Selama berada di Tanah Suci Mekkah, jemaah haji asal Lampung Barat dan Pesisir Barat akan tinggal dan menempati Maktab 67 Rumah J-13 di wilayah Syari Mansyur. Jadwal pemulangan mereka sesuai dengan estimasi yang telah disusun PPIH Provinsi Lampung.

Calon haji asal Lampung Barat dan Pesisir Barat Kloter 19 diperkirakan akan berangkat dari Bandara Madinah pada 1 Nopember 2014 pada pukul 00.05 waktu setempat, dan diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Sabtu, 1 Nopember 2014 pukul 17.35 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement