Selasa 30 Sep 2014 09:15 WIB

PPIH Daker Jeddah Sambut Tiga 'Kloter Sapu Jagad'

Jamaah haji di Kota Makkah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Heri Ruslan/ca
Jamaah haji di Kota Makkah, Arab Saudi.

Oleh: Zaky Al Hamzah

JEDDAH – Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker), Ahad (28/9) malam, menyambut tiga kelompok penerbangan (kloter) 'Sapu Jagad' di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAIA) Jeddah, Arab Saudi.

Disebut Kloter ‘Sapu Jagad’ dikarenakan kelompok penerbangan ini berisi jamaah ‘titipan’ dari berbagai kloter dan embarkasi. Misalnya, ada jamaah yang sudah masuk embarkasi tetapi tidak bisa berangkat bersama rombongannya karena sakit, sehingga diikutkan kloter terakhir atau menjelang jadwal penutupan (closing date) Bandara KAIA, Jeddah.

Jamaah dalam Kloter Sapu Jagad berlimpah jamaah dengan kategori resiko tinggi (risti), jamaah usia lanjut, dan jamaah yang mengenakan kursi roda.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) PPIH Daker Jeddah menyebutkan, sebanyak 1.788 jamaah calon haji (JCH) yang merupakan kloter terakhir atau tiga Kloter Sapu Jaga diberangkatkan ke Tanah Suci pada Ahad (28/9). Jamaah calon haji tersebut terdiri dari tiga kloter embarkasi daerah dan tiga kloter embarkasi gabungan.

Kloter Sapu Jaga pertama adalah dari Kloter 71 Embarkasi Solo dengan jumlah jamaah sebanyak 316 jamaah haji. Jamaah ini merupakan gabungan dengan 63 jamaah haji dari Kloter 16 Embarkasi Medan.

Mereka diterbangkan dari Embarkasi Solo dengan pesawat GA 6019 pada pukul 07.15 WIB menuju Bandara Kualanamu Medan. Setelah transit sejenak di Medan, kloter gabungan pertama ini diterbangkan dari Bandara Kualanamu menuju Jeddah pada 11.35 WIB.

Kloter gabungan kedua yakni 305 jamaah dari kloter 13 Embarkasi Banjarmasin yang bergabung dengan kloter 25 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dengan 105 jamaah haji. Ke-305 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbanan GA 8108 menuju Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada 04.20 WIB, untuk bergabung dengan jamaah haji dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Setelah transit, gabungan jamaah calon haji ini menuju Jeddah dengan pesawat Boeing 747-400 pada 07.05 WIB.

Kloter gabungan yang terakhir yakni 118 jamaah calon haji dari kloter 12 Embarkasi Lombok bergabung dengan 157 jamaah haji kloter 27 Embarkasi Makassar dan 127 jamaah kloter 8 Embarkasi Aceh. Ke-118 jamaah calon haji tersebut diterbangkan dari Bandara Internasional Makassar dengan pesawat GA 2108 menuju Aceh pada 09.40 WITA.

Setelah transit dan memasukkan 127 jamaah haji dari Embarkasi Aceh, jamaah gabungan ini diberangkatkan pukul 13.55 WIB dari Bandara Aceh menuju Bandara KAIA Jeddah.

Laporan Siskohat PPIH Daker Jeddah menyebutkan total jamaah calon haji (CJH) Indonesia yang telah masuk di Tanah Suci sebanyak 154.467 Jamaah dari 375 kelompok terbang (kloter) dari 13 Embarkasi, yaitu Batam (BTH), Medan (MES), Padang (PDG), Makassar (UPG), Solo (SOC), Balikpapan (BPN), Bekasi (JKS), Pondok Gede (JKG), Surabaya (SUB), Banda Aceh (BTJ), Lombok (LOP), Banjarmasin (BDJ), dan Palembang (PLM).

Kepala PPIH Daker Jeddah Ahmad Abdullah Yunus tampak menyambut kedatangan jamaah calon haji kloter terakhir. "Alhamdulillah, proses kedatangan jamaah haji kloter terakhir ini berjalan lancar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement