Selasa 07 Oct 2014 11:18 WIB

Rute Haji Masa Lampau: Rute Oman-Makkah

Rep: Hannan Putra/ Red: Chairul Akhmad
Peta Jazirah Arabia.
Foto: Wikipedia.org/ca
Peta Jazirah Arabia.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada dua rute pedalaman yang menghubungkan Oman menuju Makkah. Pertama, dari Oman ke Yabrin, Yamamah, lalu Dhariyah.

Sejumlah sumber geografi menyebutkan bahwa Dhariyah dulu adalah tempat pertemuan antara jamaah haji yang berasal dari Bahrain dan Bashrah.

Di sana mereka berpisah apabila telah selesai menunaikan ibadah haji. Para jamaah haji dari Bashrah mengambil rute ke arah utara, sedangkan jamaah haji dari Bahrain mengambil jalur kanan.

Kedua, dari Oman ke Faraq, Aukalan, lalu melewati pesisir Hubah untuk menuju Asy- Syihr. Dari Yaman, para jamaah haji bisa memilih salah satu dari dua rute menuju Makkah.

Mereka bisa mengambil jalur haji pesisir yang pararel dengan pesisir Laut Merah dengan melewati beberapa wilayah dan tempat singgah seperti Makhlaf Akk, Hardah, Makhlaf Hukm, Utsr, Mursa, Dhankan, as-Sirrin, hingga Syu’aibah, kemudian Jeddah, lalu Makkah.

Jamaah haji Oman bisa pula mengambil jalur pedalaman Oman menuju Makkah dengan melewati beberapa tempat singgah yang sebagiannya masih dapat dikenali hingga sekarang. Seperti Ranyah, Turabah hingga sampai ke Makkah—sebagian besarnya masuk ke dalam wilayah geografis Kerajaan Arab Saudi. (Atlas Haji dan Umrah karya Sami bin Abdullah Al-Maghlouth)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement