Ahad 12 Oct 2014 04:17 WIB

Kurma Ajwa di Quba Diborong Jamaah Indonesia

Kurma
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kurma

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Neni Ridarineni dari Tanah Suci

 

MADINAH -- ''Kemarin ada rombongan orang Indonesia membeli kurma Ajwa setiap orang sampai 25 kilogram,'' kata Nana, salah seorang karyawan di kebun dan pusat penjualan kurma Quba, Sabtu (11/10).

 

Madinah pusatnya pohon kurma dan ada berbagai jenis kurma. Tapi kurma ajwalah  paling mahal harga yakni 80 riyal per kilogram, tetapi paling banyak dicari.

''Saya sudah dua kali ke Madinah. Pertama kali waktu umrah dan kalau ke Madinah saya selalu membeli kurma Ajwa,'' kata Dedeh, jamaah haji dari Jakarta.  

Menurut dia, kurma Ajwa diyakini memiliki khasiat tersendiri. Kurma Ajwa disebut sebagai kurma Nabi,  Karena sering dimakan Rasulullah SAW. ''Kurma ini diyakini dapat sebagai obat, menangkal racun dan hal-hal yang kurang baik,''ungkap Dede.

 

Dalam buku sejarah Madinah karya Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani disebutkan Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir kurma dari kedua labah (batas sebelah timur dan barat), dia tidak akan kena racun hingga waktu sore" (Shahih Muslim: 2047).

 

Sementara Hadits Bukhari: 7569 menyebutkan: "Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir kurma ajwa, pada hari itu dia tidak akan kena racun maupun sihir."

Barangkali karena hadits tersebut kurma Ajwa yang ciri khasnya berwarna hitam dan rasanya enak tidak terlalu manis, banyak diburu jamaah haji dan harganya paling mahal diantara jenis kurma.

 

Karena itu meskipun kurma Ajwa juga banyak dijual di Makkah maupun Jeddah, tapi Dedeh selalu membeli kurma Ajwa di Madinah karena Madinah merupakan kebun asli kurma.

Dia juga selalu  membeli kurma Ajwa di daerah Quba tempat penjualan dan sekaligus ada kebun kurma. ''Daerah Quba merupakan tempat tinggal Nabi Muhammad SAW,'' tutur Dedeh yang asli Sunda itu.

 

Menurut Nana, di Quba kebun kurma cukup luas. Pohon kurma biasanya berbuah setiap musim panas. Kebetulan tahun ini banyak berbuah pada bulan Ramadhan lalu.

''Setelah musim haji akan tutup 1,5 bulan,'' kata Nana yang berasal dari Sukabumi. Di tempat ini dia bekerja khusus untuk melayani para pembeli dari Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura. ''Pembeli terbanyak, jamaah Indonesia,'' ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement