Jumat 17 Oct 2014 12:23 WIB

OKU Beri Umrah Gratis pada 36 Warganya

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Umroh haji di Mekkah, suntik meningitis. (Republika/Desi susilowati).
Foto: Republika/Desi susilowati
Umroh haji di Mekkah, suntik meningitis. (Republika/Desi susilowati).

REPUBLIKA.CO.ID,BATURAJA--Sebanyak 36 warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menerima hadiah umroh gratis ke Tanah Suci dari pemkab setempat.

"Desember 2014, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu akan memberangkatkan 36 warga untuk umroh gratis ke Tanah Suci Mekkah," kata Kabag Administrasi Kesra Setda Pemkab OKU, Yulius Faisol, Jumat (17/10).

Ia mengatakan semula jadwal keberangkatan pada bulan Juli 2014, karena ada kendala visa maka jamaah umroh itu ditunda hingga Desember 2014.

"Sekarang visa dan berkas untuk berangkat ke Tanah Suci mereka sudah dalam proses. Kita pastikan Desember sudah bisa berangkat," tegasnya.

Kasubag Keagamaan Pemkab OKU Zauhari menjelaskan, mereka terpilih untuk berangkat umroh gratis melalui ABPD 2014 dengan dana sekitar Rp 1,1 miliar.

"Namun kita tidak gunakan dana itu seluruhnya, karena yang dipakai hanya sekitar Rp900 juta untuk keberangkatan umroh gratis," ungkapnya.

Selain itu, pihak Pemkab OKU tidak terlibat dalam melakukan perekrutan atau penetapan calon jamaah, karena semuanya diserahkan kepada pihak kecamatan untuk memilih siapa masyarakat yang layak diberangkatkan umroh gratis.

"Masing-masing kecamatan diberi jatah yang berbeda untuk menetapkan berapa banyak warganya akan dipilih diberangkatkan, tergantung banyaknya jumlah penduduk," katanya.

Namun, ia menambahkan, kriteria calon jamaah umroh gratis itu salah satunya adalah warga yang dinilai berprestasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement