Ahad 19 Oct 2014 18:47 WIB

KBHI Langgar SOP Bakal Ditindak Tegas

Jamaah haji Indonesia.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi/ca
Jamaah haji Indonesia.

Oleh: Neni Ridarineni, Makkah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH --  Hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama ada beberapa temuan diantaranya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang melanggar SOP (Standard Operational Procedure), tidak disiplin, melakukan pungli dan sebagainya.

Untuk itu, KBIH yang melanggar dan diketahui identitasnya akan diberikan sanksi yang tegas, kata Kepala Daerah Kerja (Daker) PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Endang Jumali, di Ruang  MCH Makkah, Ahad (19/10).  Dia mengungkapan ada KBIH yang menjadi jamaah haji non kuota bisa menyusup  ke  kamarnya jamaah haji. Pada waktu di Arafah pun dia tetap bisa masuk ke pemondokan jatah jamaah haji reguler.

Kepala Seksi Perlindungan PPIH Makkah Jaetul Muchlis mengakui dia menemukan adanya pimpinan KBIH Ar Rohman yang berasal dari jamaah haji non kuota yang menyusup ke pemondokan jamaah haji reguler  embarkasi Solo. ''Waktu di Arafah  pimpinan KBIH Ar Rohman tersebut tetap menyusup ke tendanya jamaah haji reguler dan katanya mau diselesaikan setelah Armina. Namun kenyataannya sampai sekarang tidak ada tindaklanjutnya,''kata Muchlis.

Lebih lanjut Endang mengatakan  KBIH-KBIH yang tidak disiplin, melakukan pelanggaran, jika dibiarkan ilegal formal akan menebarkan berita kepada KBIH lainnya yang tidak mendapat kuota untuk melaksanakan ibadah haji kemudian ikut ke jamaah haji reguler akan dimaklumi.

Karena itu harus ada tindakan tegas terhadap KBIH seperti itu. Di samping KBIH menyusup ke tenda reguler, lanjut Endang, dilaporkan juga adanya KBIH yang mbalelo. Ada komplain dari maktab tentang adanya KBIH bersama jamaah haji yang menjadi anggota KBIH tersebut berziarah ke Jeddah tanpa sepengetahuan maktab. Padahal kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maktab yang bertanggungjawab.

Selama ini. lanjut Endang, ada kesan TPIHI (Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia) takut kepada KBIH dan KBIH tidak tunduk pada ketua kloter. Padahal seharusnya KBIH itu tunduk kepada ketua Kloter (Kelompok Terbang),''ujarnya.

Sekretaris Daker Makkah Syarif Rahman mengakui KBIH ini selalu membuat masalah. Kadang dia lebih berkuasa daripada Ketua Kloter. ''Ke depan harus diubah sistemnya. KBIH hanya berperan ketika di tanah air,''ujarnya. Ketika di Arab Saudi, KBIH harus tunduk kepada Ketua Kloter. nneni ridarineni

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement