Jumat 24 Oct 2014 09:30 WIB

Seluruh Jamaah Gelombang Pertama Tinggalkan Makkah

Jamaah haji di Kota Makkah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo/ca
Jamaah haji di Kota Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Seluruh jamaah haji Indonesia gelombang pertama telah meninggalkan Kota Makkah pada Rabu (22/10) menuju bandara di Jeddah untuk selanjutkan diterbangkan ke Tanah Air. Dengan demikina, yang ada tinggal jamaah gelombang kedua.

"Seluruh jamaah gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah," kata Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Achmad Jauhari.

Achmad mengatakan, secara umum untuk proses kepulangan jamaah haji dari Makkah ke Tanah Air melalui bandara di Jeddah berjalan lancar, meski sempat ada beberapa kloter yang mengalami penundaan penerbangan.

Permasalahan yang terjadi pada jamaah haji gelombang pertama adalah soal barang jamaah haji, baik yang ada di dalam koper maupun barang yang akan dimasukkan ke dalam kabin pesawat.

Jamaah haji masih ada yang membawa air zam-zam ke dalam koper padahal sudah dilarang. Sementara itu, permasalahan barang bawaan yang dimasukan ke kabin adalah melebihi kapasitas yang ditetapkan maskapai penerbangan.

Jauhari mengatakan, Kementerian Agama telah berkali-kali menyosialisasikan bahwa tas koper tidak boleh melebihi 32 kilogram dan tidak boleh memasukkan air zam-zam ke dalam koper. Dan barang yang akan dimasukkan ke dalam kabin hanya satu tas dengan berat tujuh kilogram.

Maskapai sendiri telah menyediakan air zam-zam sebanyak lima liter yang akan diterima jamaah di tempat debarkasi. "Banyak jamaah haji yang tidak menaati ketentuan tersebut. Sehingga konsekuensinya barang tidak bisa dibawa pulang ke Tanah Air. Barang yang ditinggal hampir rata-rata berupa rice cooker, pemanas air dan alat makan.

Jamaah haji gelombang pertama diberangkatkan ke Madinah dahulu baru ke Makkah. Sementara jamaah gelombang kedua diberangkatkan ke Makkah dulu baru ke Madinah. Namun, sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah, seluruh jamaah haji berkumpul di Makkah. Seluruh jamaah haji reguler yang diberangkatkan ke Arab Saudi sebanyak 154.467 orang.

Jamaah haji gelombang pertama mulai meninggalkan Makkah untuk pulang ke Tanah Air mulai 9 Oktober. Sementara jamaah gelombang kedua mulai dipulangkan dari Madinah ke Tanah Air sejak Rabu (22/10).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement