Jumat 24 Oct 2014 10:03 WIB

Keagungan Allah di Galeri Asmaul Husna (1)

Suasana di dalam Galeri Asmaul Husna di Madinah.
Foto: Republika/Zaky Al Hamzah/ca
Suasana di dalam Galeri Asmaul Husna di Madinah.

Oleh: Zaky Al Hamzah

"The Beautifull Names of Allah". Kalimat tersebut menjadi ucapan selamat datang di galeri Asmaul Husna yang berlokasi di sisi kanan kompleks Masjid Nabawi, Madinah.

Posisinya di antara hotel-hotel dan pusat perbelanjaan di sekitar Masjid Nabawi. Di dalam galeri ini, jutaan jamaah haji dari berbagai negara diajak untuk mendalami makna dari Asmaul Husna, nama-nama yang baik milik Allah SWT.

Saya berkesempatan menyaksikan langsung keindahan karya galeri pada Rabu (22/10) di sela-sela bertugas melayani jamaah haji.

Setelah melewati pintu masuk utama, saya dan pengunjung berada di area penyambutan. Di ruangan ini, saya dan pengunjung langsung disapa oleh sejumlah penerima tamu (guide). Satu di antaranya sangat mahir berbahasa Indonesia.

Melihat wajah jamaah Indonesia, salah satu guide ini langsung mempersilakan masuk. Sejumlah guide memandu jamaah haji saat memasuki galeri. Semua penjelasan setiap Asmaul Husna maupun karya dalam galeri ini hanya menggunakan dua bahasa, Inggris dan Arab.

Masih di ruangan penyambutan, saya disambut puluhan kubus berwarna-warni bergelantungan di atap dan bertuliskan 99 nama Allah SWT. Di salah satu dinding terdapat foto ukuran raksasa bergambar jamaah haji shalat di Masjidil Haram, Makkah.

Pengunjung kemudian diarahkan masuk ke ruangan berikutnya. Gedung satu lantai tersebut disekat beberapa ruangan. Memasuki ruangan pertama galeri, berisi replika matahari berukuran besar lengkap dengan planet-planet tata surya.

Ukuran planet disesuaikan dengan skala yang sama. Replika tata surya dan planet-planet tersebut terdapat di dalam ruangan tertutup dilingkari kaca transparan dan beralaskan kain hitam dengan sejumlah lampu kecil yang didesain serupa planet-planet lain atau bintang.

Dengan posisi yang tepat di pinggir kaca, saya merasa berada di tengah-tengah galaksi. Saya dan sejumlah jamaah haji sempat berfoto-foto di depan replika tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement