Jumat 24 Oct 2014 10:38 WIB

Keagungan Allah di Galeri Asmaul Husna (2)

Ruang Galeri Asmaul Husna di Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Zaky Al Hamzah/ca
Ruang Galeri Asmaul Husna di Madinah, Arab Saudi.

Oleh: Zaky Al Hamzah

Di setiap dinding ruangan atau koridor dipasang nama-nama Asmaul Husna bertuliskan Arab, artinya dalam bahasa Inggris serta barcode berbahasa Arab dan bahasa Inggris.

Nama Asmaul Husna dipajang dalam bingkai yang cantik dengan pencahayaan terang. Barcode ini bisa diunduh dengan hanya menempelkan smartphone (HP) atau alat pembaca barcode, sehingga pengunjung bisa menyimpannya dan dibaca sewaktu-waktu.

Di dalam kitab suci Alquran, Allah SWT disebut juga dengan nama-nama sebutan yang berjumlah 99 nama yang masing-masing memiliki arti definisi/pengertian yang bersifat baik, agung dan bagus.

Secara ringkas dan sederhana, Asmaul Husna merupakan 99 nama baik Allah SWT.‎ Semua Asmaul Husna terpampang di sepanjang tembok galeri tersebut antara lain Ar-Rahman yang artinya Yang Maha Pemurah,‎ Ar-Rahim artinya Yang Maha Mengasihi, Al-Malik yang artinya Yang Maha Menguasai atau yang Maha Agung, Al-Khaliq yang artinya Yang Maha Pencipta, dan lainnya.

Selain nama-nama Asmaul Husna, di setiap ruangan dan sepanjang koridor juga disematkan bukti-bukti kebesaran Allah SWT yang dijumpai manusia dalam kehidupan. Seperti gambar bayi ukuran raksasa dalam kandungan yang disandingkan dengan nama Al-Khaaliq (Allah SWT The Creator atau Sang Pencipta).

Saat saya mengunjungi ini, seorang guide berbahasa Arab sedang menjelaskan maksud dari arti Al Khaaliq. Intinya, bahwa semua kehidupan di dunia ini merupakan penciptaan dari Allah SWT.

Allah SWT yang menghidupkan manusia, dan semua makhluk di dunia. Di ruangan berikutnya, terdapat video tentang lava bumi melalui layar monitor ukuran sekitar 30 inch. Video ini menggambarkan tentang terciptanya gunung dan tahap demi tahap pergerakan magma di dalam gunung yang meleleh.

Maksud yang disampaikan dalam pesan ini adalah bahwa terciptanya pegunungan tidak lain adalah berkat penciptaan Allah SWT. Saat melewati video ini, saya memperhatikan tiga jamah haji asal Eropa yang terlihat takjub dengan penciptaan gunung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement