Ahad 02 Nov 2014 18:20 WIB

5 November, Semua Jamaah Haji Indonesia Tinggalkan Tanah Suci (2-habis)

Jamaah haji di Tanah Suci.
Foto: Republika/Yogi Ardhi/ca
Jamaah haji di Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

Petugas jaga BPHI Madinah, dr Syukri M Sadik Soamole menuturkan, kebanyakan jamaah haji yang dirawat di BPHI Madinah adalah pindahan dari BPHI Makkah dan sejumlah RS Arab Saudi.

Masih ada puluhan jamaah haji yang sampai saat ini dirawat di RS Arab Saudi. "Jumlahnya 30-an jamaah. Banyak (jamaah haji) yang dari Makkah dibawa (dirawat) ke sini," kata dr Sadik.

Sejumlah jamaah yang sakit akan dipulangkan ke embarkasi masing-masing hari ini. Sebagian lagi menunggu proses pemulangan yang urusannya cukup kompleks.

"Ada yang duduk ada yang berbaring. Yang berbaring ini menunggu modifikasi kursi dan sebagainya,"  tambah Nasrullah Djasam.

Laporan Siskohat menyebutkan kepulangan jumlah kloter yang sudah tiba di Indonesia mencapai 322 kloter atau 134.482 orang, masih dalam perjalanan dari Arab Saudi ke Indonesia (terdapat lima kloter atau sebanyak 2.071 orang jamaah).

Sedangkan jumlah kloter yang masih berada di Arab Saudi mencapai 48 kloter. Sebanyak 38 kloter di antaranya masih berada di Kota Madinah. Mereka masih di Madinah untuk menjalankan shalat wajib 40 waktu (shalat Arbain).

Untuk memenuhi shalat arbain, jamaah haji tersebut akan berada di Madinah selama sembilan hari. Total, jumlah kloter jamaah haji Indonesia mencapai 375 kloter atau sebanyak 154.467 orang jamaah haji. Selamat jalan ke kampung halaman para jamaah haji Indonesia. Semoga menjadi haji mabrur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement