Rabu 13 May 2015 08:28 WIB

Temui Kesulitan di Tanah Suci? Calon Haji Indonesia Bisa Kirim SMS

Rep: c 30/ Red: Indah Wulandari
Calon Jamaah Haji Indonesia
Foto: WASPADA.CO.ID
Calon Jamaah Haji Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Calon jamaah haji (calhaj) kini tak perlu merasa bingung saat ingin bertanya terkait pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Lantaran Kementerian Agama menyediakan SMS Center untuk pusat informasi dan pengaduan di setiap embarkasi haji.

“Jadi tahun ini kita sudah membuka layanan sms center haji, itu kita berikan ke jamaah nomer layanan untuk pengaduan,” ujar Direktur Pelayanan Haji Ditjen Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, Selasa (12/5).

SMS Center ini berkantor pusat di Jeddah. Fungsinya, jelas Sri, menerima pengaduan calhaj Indonesia yang mengalami kesulitan saat di Tanah Suci.

Pengaduan pun dijamin akan ditindaklanjuti oleh petugas pelayanan. Begitu pula jika terdapat calhaj Indonesia yang mengalami kesulitan di Makkah. Sri mengimbau agar jamaah langsung menghubungi pusat layanan tersebut atau nomor layanan di embarkasi.

“Jadi masing-masing embarkasi kita berikan nomor khusus layanan informasi dan pengaduan jamaah haji,” imbuh Sri.

Ia mencontohkan, pengaduan jamaah yang tersesat di Masjidil Haram atau tidak tahu jalan pulang akan dilayani oleh petugas haji di Tanah Suci dengan sejumlah petunjuk maupun menerjunkan petugas langsung ke tempat jamaah berada.

Saat jamaah haji mengalami kesulitan, Sri menyarankan agar mereka langsung mengirimkan pesan singkat atau menghubungi kontak masing-masing embarkasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement