Selasa 14 Jul 2015 07:11 WIB

Kunjungi Makkah, Menag Pastikan Pemondokan Setara Bintang 3 dan 4

Rep: Ratna Puspita/ Red: Agung Sasongko
Menag meninjau fasiltas penginapan dan bus shalawat di Makkah, Arab Saudi, Senin (13/7).   Sumber: Humas Kementerian Agama
Foto: Humas Kementerian agama
Menag meninjau fasiltas penginapan dan bus shalawat di Makkah, Arab Saudi, Senin (13/7). Sumber: Humas Kementerian Agama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan bahwa kualitas pemondokan jamaah haji di Makkah setara dengan hotel bintang 3 dan 4. Menaf memastikan hal tersebut usai melakukan pengecekan langsung ke sejumlah hotel yang akan ditempati jamaah haji Indonesia selama di Makkah

Lukman menelaskan, dia melakukan pengecekan ke sejumlah hotel yang akan ditempati jamaah pada Senin (13/7) pagi. "Dari sisi fisik bangunan cukup baik persis hotel setara bintang 3 dan 4," kata Lukman, dalam siaran pers yang diterima ROL, Senin (13/7).

Menag mengunjungi bangunan lima menara berkapasitas 21.500 jamaah yang disewa Tim Urusan Haji Indonesia di Jarwal, sekitar satu kilometer dari Masjid Haram. Lukman juga melihat hotel di Mahbas Jin yang berkapasitas 5.000 jamaah dan di Syisha yang berdaya tampung 480 jamaah.

Lukman menjelaskan kamar di tiap pemondokan memuat dua sampai lima orang. Setiap kamar juga dilengkapi dengan fasilitas seperti pendingin ruangan atau AC, televisi, dan kulkas. "Juga terdapat mushalla, aula besar tempat makan bersama, dan ruang kantor," dia berujar.

Menag bertolak ke Arab Saudi pada Sabtu (11/07) lalu untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak-pihak yang terkait dengan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M di Jeddah, Makkah, dan Madinah. Sebelumnya, Menag melakukan pertemuan dengan Muassasah Asia Tenggara dan menyepakati peningkatan layanan untuk jamaah haji Indonesia selama di Arafah dan Mina.

Dalam pertemuan dengan Muassasah Asia Tenggara, Menag didampingi oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Irjen Kemenag M. Jasin, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, dan jajaran Staf Teknik Urusan Haji (TUH) Indonesia yang berkedudukan di Jeddah, Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement