Rabu 05 Aug 2015 22:10 WIB

Menag Ingatkan Calon Jamaah Haji Terapkan Pola Hidup Sehat

Rep: Ratna Puspita/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menggelar pertemuan dengan Muassasah Asia Tenggara di Makkah, Arab Saudi, Senin (13/7).
Foto: ist
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menggelar pertemuan dengan Muassasah Asia Tenggara di Makkah, Arab Saudi, Senin (13/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pemerintah sudah mengantisipasi cuaca panas, terutama di Armina. Kementerian Agama mengupayakan penggantian karpet di tenda-tenda di Armina. Peningkatan layanan lainnya, yaitu penambahan jumlah air agar jamaah tidak dehidrasi.

"Ketika berada di daerah dengan tingkat kelembabannya rendah maka kita tidak langsung berkeringat karena langung kering. Ini mudah dehidrasi," ujar Menag, Rabu (5/8).

Lukman pun kembali mengimbau calon jamaah haji asal Indonesia mulai menerapkan pola hidup sehat mulai dari minum air sebanyak-banyaknya. "Orang kita dikenal sangat sedikit mengkonsumsi air. Itu sudah menjadi habit, kebiasaan," kata dia.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil mengatakan, jamaah juga perlu menghindari matahari langsung selama di Arab Saudi. "Kita akan memberikan spray untuk jamaah, gunakan itu untuk menyemprot kepala dan wajah. Cuaca tahun ini ekstrem dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Sebanyak 168.800 jamaah haji asal Indonesia akan melaksanakan ibadah di tanah suci tahun ini, terdiri 155.200 kuota haji reguler dan 13.600 orang haji khusus. Kloter pertama akan berangkat pada 21 Agustus 2015.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement