Kamis 20 Aug 2015 19:45 WIB

Cara Praktis Menghafal Doa Thawaf dan Sai

Rep: c 35/ Red: Indah Wulandari
Jamaah haji melaksanakan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Antara/Kuwadi/ca
Jamaah haji melaksanakan thawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mengeluarkan aplikasi Haji Pintar yang memudahkan calon jamaah haji (calhaj) dalam mempelajari doa thawaf dan sai.

Aplikasi tersebut berbentuk audio doa-doa thawaf dan sai, yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Calhaj dapat sambil menghafalkannya sebelum berangkat beribadah haji di Tanah Suci, maupun selama beribadah di Tanah Suci. Hal itu sangat membantu para calhaj terutama mereka yang lebih menyukai belajar lewat audio.

"Para calhaj tidak perlu khawatir menghabiskan kuota internet ketika berada di sana. Karena aplikasi tersebut dapat diputar secara offline setelah di-download di smartphone," ungkap Dirjen PHU Kemenag Abdul Djamil, Kamis (20/8).

Meskipun demikian, Ditjen PHU tetap memprogramkan bimbingan manasik haji kepada calhaj sebanyak enam kali. Alternatifnya, panitia membagikan Buku Manasik Haji kepada calhaj seluruh Indonesia.

Dia berharap atas kemudahan-kemudahan tersebut para calhaj dari Indonesia nantinya akan menjadi haji mabrur. Lantaran para calon haji di sana tidak khawatir lagi jika belum menghafalkan doa-doa thawaf dan sai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement