Rabu 09 Sep 2015 21:06 WIB

Transportasi, Keluhan Utama Jamaah Haji Indonesia

Transportasi haji
Foto: Republika/Heri Ruslan
Transportasi haji

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ratna Puspita dari Tanah Suci

MAKKAH -- Ada dua layanan bus antarkota untuk jamaah haji Indonesia, yaitu rute Madinah-Makkah dan Jeddah-Makkah.

Hingga Sabtu (5/9), 887 bus dari lima perusahaan melayani rute Madinah-Makkah dan 242 bus dari lima perusahaan melayani rute Jeddah-Makkah.

Berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1436H/2015M hingga Sabtu (5/9), ada 14 kasus mobil mogok pada perjalanan darat menggunakan bus.

Sembilan kasus mogok terjadi pada bus milik perusahaan Abu Sarhad, tiga kasus pada bus milik perusahaan Hafill, dan dua kasus pada bus milik perusahaan lainnya.

Empat kasus pendingin ruangan mati, yaitu tiga kasus pada bus milik Abu Sarhad dan satu kasus pada bus milik Hafill. Ketidaknyamanan lainnya adalah accident dan ada juga salah jalan.

Ketua PPIH Arab Saudi 1436H/2015M Ahmad Dimyati Bashori mengatakan transportasi memang menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan pada penyelenggaraan haji tahun ini di Tanah Suci. "Masalah lain tentu masih ada, tapi hanya minor," kata dia.

Djamil mengatakan kondisi transportasi antarkota yang buruk lantaran Indonesia tidak membayar biaya upgrade seperti tahun lalu.

"Kondisi bus berbeda dibandingkan bus yang alami upgrade tahun lalu. Ada banyak masalah di tengah jalan," ujar dia.

Tanggapan dari Naqaba, menurut Djamil, sangat baik. Ahmad Abdullah Sumbawa berjanji akan menyambangi Madinah untuk melihat kondisi bus yang melayani jamaah asal Indonesia. "Saya lihat ini sebagai bentuk perhatian mereka," kata dia.

Pada pertemuan dengan Naqaba, Abdul Djamil didampingi Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi A Dumyati Bashori, dan Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement