Rabu 16 Sep 2015 12:27 WIB

Sadar Kondisi, Indro Warkop tak Ingin Berhaji Lagi

Rep: Puti Almas/ Red: Indah Wulandari
Indro Warkop
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Indro Warkop

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan impian umat Muslim di seluruh dunia.

Tak terkecuali dengan aktor dan komedian senior Indro Warkop. Dengan niat dan usaha, ia bersyukur telah mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Bahkan, pria bernama lengkap Indrodjojo Kusumonegoro itu mengaku memiliki keinginan untuk kembali ke Tanah Suci dan menunaikan ibadah haji. Namun, Indro sadar bila ia melakukan ini maka peluang bagi banyak orang di Tanah Air melaksanakan rukun Islam kelima semakin tertutup.

"Sekarang kan proses haji panjang sekali, ya dari awal kita daftar, bisa bertahun-tahun setelahnya kita berangkat ke Tanah Suci. Jadi kalau saya mau lagi nanti jadi nutup kesempatan orang yang belum haji," ujar Indro saat ditemui usai pemutaran film Komedi Moderen Gokil di Jakarta, Selasa (15/9) kemarin.

Selain itu, pria kelahiran 8 Mei 1958 ini mengatakan, kewajiban menunaikan ibadah haji dalam Islam hanyalah sekali seumur hidup.

Bila kita melaksanakan haji, maka dasar hukumnya adalah sunnah (tidak mesti dikerjakan tapi memiliki nilai keutamaan jika dilakukan). Namun, tentu harus dilihat lebih dulu kondisi, situasi, serta hal lain yang lebih utama dan penting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement