Kamis 17 Sep 2015 17:01 WIB

Ketika Menteri Lukman Disangka Menteri Agama

Rep: Ratna Puspita/ Red: Ilham
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin bersalaman usai melepas calon Jamaah haji Kloter pertama asal Jakarta dan Bekasi
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin bersalaman usai melepas calon Jamaah haji Kloter pertama asal Jakarta dan Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jabatan Menteri Agama tidak membuat Lukman Hakim Saifuddin mendapat posisi nyaman ketika beribadah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Namun, membaur dengan jamaah dari seluruh dunia justru membuat Lukman mendapatkan berbagai pengalaman unik.

Beberapa jamaah asal Indonesia kerap menegurnya dengan pertanyaan, "Bapak kok mirip menteri agama, ya?".  

Pertanyaan itu sekali lagi terjadi pada Ahad (13/9). Lukman yang ditemani sekretaris pribadinya, Khoirul Huda Basyir, berangkat ke Masjidil Haram untuk shalat maghrib. Seperti biasa, Lukman mengenakan kain sarung dan baju koko putih yang dipadu songkok rajut yang juga berwarna putih.

Keduanya tiba di Masjidil Haram pukul 17.15 waktu Arab Saudi. Sudah terlambat untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Jamaah menyemut hingga pelataran Masjidil Haram. "Kami harus berdesakan hingga mendapat tempat di sekitar halaman Zam Zam Tower," kata Khoirul, Rabu (16/9).

Berjarak dua orang asing dari Lukman, duduk seorang jamaah asal Indonesia. Dia melongok ke arah Lukman, kemudian mengajukan pertanyaan: “Bapak kok mirip Menteri Agama ya? Beliau satu kampung dengan saya di Purwokerto.”

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement