Ahad 20 Sep 2015 23:35 WIB

Jamaah Diimbau tak Konsumsi Anggur

Buah anggur
Foto: fitnessandfrozengrapes
Buah anggur

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ratna Puspita dari Tanah Suci

MAKKAH -- Jamaah haji dari seluruh dunia sedang bersiap melakukan rangkaian ibadah haji di Arafah, Mina, dan Muzdalifah (Armina). Prosesi itu akan dimulai dengan wukuf di Padang Arafah, Rabu (23/9) pekan ini.

Penghubung Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia dr Ramon Andrias mengatakan, jamaah harus menjaga kesehatan dan fisik untuk persiapan ibadah di Armina. Tidak hanya beristirahat, jamaah juga harus memperhatikan asupan atau makanan yang dikonsumsi.

Ramon menyatakan jamaah sebaiknya menghindari makanan yang dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti pedas. Ia juga mengingatkan agar jamaah makan secukupnya.

"Berhenti makan ketika laparnya sudah hilang karena terlalu kenyang akan menyebabkan susah buang air besar," ujar dia, Ahad (20/9).

Dia juga meminta jamaah mewaspadai flu, batuk, dan pilek. Kondisi Makkah yang dipenuhi jamaah dari seluruh dunia rentan memunculkan penyakit-penyakit tersebut. "Juga, jangan makan anggur karena itu membuat batuk," kata dia.

Jamaah asal Kelompok terbang (Kloter) Palembang (PLM) 09, Luluk Latifah (39 tahun), mengatakan dia juga menghindari makan semangka yang memiliki banyak air. "Kalau buah pilihannya apel dan pisang," kata dia.

Jamaah yang tinggal di Pemondokan 625, Sektor 6, Syisyah, itu menyatakan tidak mengalami kesulitan mendapatkan makanan. Di sekitar pemondokan, terdapat mukimin yang menjual makanan seperi mi ayam.

Namun, Luluk menyatakan dia lebih sering memasak menggunakan rice cooker. Setiap hari, dia menanak setengah kilogram beras untuk tujuh orang. Dia juga memasak sayuran seperti wortel, kangkung, dan kubis.

Dia mengaku tidak kesulitan mendapatkan sayuran tersebut karena banyak lapak di belakang hotel yang menjual berbagai sayuran tersebut. "Masaknya juga tidak susah. Direbus semua pakai rice cooker itu," kata Luluk.

Luluk mengatakan dia belum pernah membeli masakan lokal karena tidak terlalu akrab dengan rasanya. Hal terpenting, makanan yang diolah sehat sehingga fisiknya terjaga menjelang Armina. Cara lain Untuk menjaga kesehatan, dia banyak minum air putih dan vitamin yang dibawa dari Tanah Air.

Jamaah akan bergerak ke Padang Arafah, Selasa (22/9). Mereka akan menginap satu malam di Padang Arafah, lalu melakukan prosesi wukuf, Rabu siang. Rabu malam, jamaah akan bergerak ke Mina melalui Muzdalifah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement