Selasa 22 Sep 2015 15:37 WIB

Tim Khusus Siap Bantu Jamaah di Armina

Rep: Ratna Puspita/ Red: Indah Wulandari
Petugas haji Indonesia sedang menunaikan shalat tahiyatul masjid di Masjid Baiat, Arafah, Makkah.
Foto: Republika/Heri Ruslan/ca
Petugas haji Indonesia sedang menunaikan shalat tahiyatul masjid di Masjid Baiat, Arafah, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan tim khusus di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) mengantisipasi berbagai hal yang terjadi selama rangkaian prosesi haji di tiga wilayah tersebut.

"Di Arafah dibentuk timsus. Demikian juga di Muzdalifah dan Mina sudah ada tim khusus yang kita bentuk," kata Kepala Satuan Operasi Armina Letnan Kolonel Caj Abu Haris di Makkah, Selasa (22/9).

Tim khusus ini bakal digerakan ke semua lini pelayanan dan perlindungan jamaah selama di Armina. Mereka dapat diperbantukan ke katering, perlindungan jamaah tersasar, dan berbagai persiapan lainnya di Armina.

Abu menyatakan, timsus ini beranggotakan delapan orang. Namun, mereka dapat meminta bantuan petugas lainnya ketika harus mengantisipasi berbagai hal yang terjadi di Arafah.

Namun, Abu berharap, tim ini tidak berfungsi. "Artinya jamaah berjalan normal sehingga mereka sudah jalan tidak usah harus menurunkan timsusnya," ujar dia.

Jamaah haji dari seluruh dunia mulai bergerak ke Padang Arafah pada Selasa (22/9) pagi waktu setempat. Bahkan, sebagian jamaah yang mengikuti sunnah Rasulullah SAW, tarwiyah, sudah berangkat ke Mina pada Senin (21/9) malam.

Seluruh jamaah akan berkumpul di Padang Arafah untuk melakukan rangkaian puncak haji, yaitu wukuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement