Rabu 23 Sep 2015 09:55 WIB

Wakil Sekjen MUI Pimpin Shalat Idul Adha

Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan
Foto: ROL/Casilda Amilah
Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Amirsyah Tambunan memimpin shalat Idul Adha 1436 Hijriah di Kantor Cabang Muhammadiyah Duren Sawit II, Jakarta Timur.

Selain menjadi imam pada pelaksanaan sholat Idul Adha yang dilaksanakan di Jalan Kejaksaan, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu, Amirsyah juga menjadi khatib dan memberikan khutbah bertema "Idul Qurban Membangun Akhlaq Mulia.

Pada Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah kali ini, ia mengatakan dilaksanaan satu paket diawali dengan shalat Idul Adha, diikuti mendengarkan khutbah dan pemotongan hewan kurban. Semuanya dilaksanakan bersama agar shalat Id menjadi sempurna.

"Ketiganya satu paket, jika tidak mendengarkan khutbah pun tidak sempurna. Ini mengisyaratkan bahwa khutbah Id dan mendengarkannya itu suatu keniscayaan yang selayaknya diperhatikan jamaah shalat Id," ujar dia.

Karena itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Duren Sawit II Ipin Sobirin juga mengingatkan jamaah wanita untuk tetap mengenakan mukena setelah sholat dan tetap duduk di tempat guna mendengarkan khutbah hingga selesai.

Sesuai keputusan Perserikatan Muhammadiyah, pelaksanaan sholat Idul Adha dilaksanakan pada Rabu (23/9). Meski waktu pelaksanaan berbeda dengan versi pemerintah menetapkan Kamis (24/9), ia mengatakan perayaan Idul Adha 1436 Hijriah ini dilaksanakan lancar dan hikmat oleh seluruh umat Islam di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Antara, ratusan orang jamaah shalat Id di Jalan Kejaksaan, Duren Sawit, Jakarta Timur, sudah hadir sejak pukul 06.30 WIB, dan sholat Id dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Pemotongan hewan kurban, yakni sembilan sapi dan 21 kambing akan dilaksanakan di SD Muhammadiyah Duren Sawit, Jakarta Timur, yang berada di Jalan SMA 71, pada pukul 09.00 WIB.

Sejumlah petugas kepolisian dan satuan pengamanan masyarakat menjaga keamanan sekaligus ikut mengatur lalu lintas di jalan tersebut yang dialihkan selama pelaksanaan shalat Id.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement