Selasa 29 Sep 2015 22:11 WIB

Riuhnya Kedatangan Kloter Pertama JKG di Embarkasi

Rep: c35/ Red: Damanhuri Zuhri
  Jamaah haji Kloter JKS-02 asal Jawa Barat mendarat di Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (29/9).  (Republika/Wihdan)
Jamaah haji Kloter JKS-02 asal Jawa Barat mendarat di Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (29/9). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kloter pertama jamaah haji dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pukul 19.00 WIB. Mereka langsung berkumpul di Gedung SG2 untuk sesi penutupan sekaligus pembagian air zam zam.

Berdasarkan pantauan Republika, jamaah haji yang terbagi menjadi 10 rombongan ini secara bergiliran berdasarkan rombongan untuk mendapatkan air zam zam. Air zam zam dapat diambil dengan menunjukkan paspor jamaah yang bersangkutan.

Kendati demikian, pengambilan air zam zam tetap boleh diwakilkan, asalkan yang mewakili membawa paspor milik yang akan diambilkan air zam zam tersebut.

Selain itu, koper besar yang dikumpulkan di depan belum bisa diambil sebelum ada instruksi dari petugas. Kemudian koper dibagikan dengan tertib setelah memberikan air zam zam. Tak lupa petugas juga membagikan makanan ringan untuk jamaah haji sebagai pelayanan terakhir mereka untuk jamaah haji.

Terlihat riuh para jamaah haji yang tak sabar ingin pulang ke rumah masing-masing. Hal itu terlihat dari gambaran gedung SG2 yang ramai karena para jamaah haji ingin segera mendapatkan koper dan air zam zam.

Tak jarang para petugas mengingatkan giliran rombongan tertentu untuk mengambil air zam zam dan kopernya karena banyak yang ingin segera mengambil tanpa menungu antrian.

Para jamaah haji mulai mengosongkan gedung SG2 sekitar pukul 21.00 WIB dan segera menemui keluarga yang sudah menunggu di area parkir luar.

Selain itu terdapat banyak kurir yang membantu membawakan barang bawaan para jamaah haji yang terintegrasi dengan petugas haji, dengan seragam khas mereka berwarna oranye. Petugas haji juga menyampaikan selamat jalan bagi para jamaah haji dan mendoakan agar hajinya mabrur serta tetap sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement