Kamis 01 Oct 2015 09:12 WIB
Insiden Mina

Empat Jamaah Haji Cedera Pascainsiden Mina Masih Dirawat

Rep: C07/ Red: Angga Indrawan
Ambulans membawa jamaah haji korban insiden Mina.
Foto: Reuters
Ambulans membawa jamaah haji korban insiden Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat mengatakan seorang jamaah haji yang menjadi korban cedera insiden Mina sudah kembali ke kloternya. Hingga saat ini masih ada empat jamaah Indonesia lainnya dalam perawatan.

"Murtiningsih Neman Sunar Akun, jamaah kloter 48 embarkasi Surabaya (SUB 48) sudah kembali ke kloternya," jelas Arsyad dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (1/10).

Arsyad berharap jamaah haji yang cedera akibat peristiwa Mina, tetap bisa menyempurnakan ibadahnya. Jika belum ke kota Madinah, jamaah bisa tetap meneruskan perjalanannya ke sana sekaligus melaksanakan ziarah ke Makam Rasulullah dan menyelesaikan shalat Arbain.

Diakui Arsyad bahwa ada informasi dari para ketua kloter dan ketua rombongan terkait trauma psikologis yang dialami korban. Namun itu umumnya terjadi  pada hari-hari pertama  setelah terjadinya peritiwa Mina. Setelah dilakukan pendekatan dari ketua kloter, ketua rombongan, dan ketua regu, kondisi jamaah sudah mulai membaik. 

Bagi jamaah yang saat ini sendiri karena teman sekamarnya wafat pada peristiwa Mina, Arsyad menyarankan ketua kloter untuk memindahkannya agar bisa berkumpul dengan jamaah haji yang lain dan tidak merasa sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement