Kamis 01 Oct 2015 12:36 WIB

Wow, Distribusi Air untuk Ibadah Haji Capai Jutaan Meter Kubik

Rep: c25/ Red: Indah Wulandari
Jamaah haji minum air zam zam.
Foto: Republika/Musiron
Jamaah haji minum air zam zam.

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH -- Perusahaan Air Nasional (NWC) Arab Saudi  mengungkapkan total volume air yang didistribusikan selama musim haji tahun ini melebihi 10 juta meter kubik.

Sedangkan  konsumsi hariannya mencapai  770 ribu meter kubik di Makkah dan tempat-tempat suci lainnya. Dilansir dari Arabnews, NWC menegaskan kalau jumlah tersebut dikelola dan didistribusikan dalam sistem yang berkelanjutan, sesuai dengan standar profesional yang terbaik dan tertinggi serta kapasitas operasional terbaik.

Perusahaan menyatakan keberhasilannya dalam musim keenamnya untuk menyediakan kebutuhan air bagi jamaah haji berkat persiapan awal dan implementasi sistem elektronik.

Sistem SCADA remote control berkontribusi dalam dua persen dari total jumlah panggilan dengan menerapkan prosedur proaktif untuk menangani panggilan, sebelum jamaah merasa kekurangan air.

Ini dilakukan dalam rencana operasional yang menjamin ketersediaan jumlah kecukupan air untuk menutupi biaya dan menyediakan cadangan strategis untuk tempat-tempat suci berkoordinasi dengan Saline Air Conversion Corporation (SWCC).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement