Kamis 04 Aug 2016 19:33 WIB

Proses Administrasi Kedatangan Jamaah Haji Dipercepat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pesawat Haji
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Pesawat Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Rombongan pertama calon jamaah haji tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz Kamis (4/8). Pemerintah dan swasta telah mempersiapkan sistem kedatangan jamaah di terminal haji.

Dilansir dari Arabnews, Rabu (3/8) Terminal haji akan mulai menerima jamaah haji dari satu Zulqaidah hingga empat Zulhijjah. Mereka juga akan memulangkan jamaah pada 16 Zulhijjah hingga 15 Muharram.

Setiap jamaah membutuhkan waktu 30 menit saat tiba di Arab Saudi untuk pemeriksaan. Pemerintah Arab Saudi mengharapkan pemeriksaan akan lebih singkat 15 menit setiap jamaah.

Setiap hari, Arab Saudi akan menerima 70 ribu jamaah dari 312 penerbangan. Perkiraan jadwal penerbangan akan ada 13 penerbangan setiap jam yang tiba di Arab Saudi.

Setelah tiba, jamaah haji akan disambut oleh Departemen Kesehatan Arab Saudi. Mereka akan mendapatkan informasi mengenai masalah kesehatan.

Setelah selesai, mereka akan diarahkan ke bagian pengurusan passpor. Setelah mengambil bagasi mereka akan ke bagian bea cukai dan diterima oleh Kementrian Haji untuk menyelesaikan beberapa administrasi kemudian meninggalkan bandara menggunakan bus menuju Makkah.

Tahun ini pemerintah menggunakan 27 organisasi swasta dan tujuh ribu untuk melayani jamaah haji di Terminal Haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement