Senin 08 Aug 2016 19:48 WIB

Calon Jamaah Haji Qatar Diminta Lakukan Vaksinasi

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Agung Sasongko
Vaksin
Foto: pixabay
Vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Departemen Kesehatan Masyarakat Qatar, Korporasi Medis Hamad (HMC) dan Korporasi Peduli Kesehatan Utama (PHCC) meminta calon jamaah haji untuk melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hal ini dimaksudkan agar mereka terjaga dari berbagai penyakit menular.

Pihak kementerian merekomendasikan calon jamaah untuk menggunakan tiga jenis vaksin (meningococcal meningitis, flu musiman, dan pneumococcal) setidaknya 10 hari sebelum diterbangkan ke Arab Saudi.

"Ini adalah wajib bagi semua orang dewasa dan anak-anak di atas usia dua tahun untuk mendapatkan vaksin meningococcal," kata Dr Hamad Idul Romaihi, manager Perlindungan Kesehatan dan Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dikutip The Peninsula, Senin (8/8).

Romaihi sangat menganjurkan penderita flu berat untuk melakukan vaksin flu musiman. Vaksin flu musiman juga disarankan bagi orangtua yang memiliki riwayat penyakit jantung, asma, dan penyakit paru-paru kronis.

Sementara itu, vaksinasi pneumococcal dianjurkan bagi jamaah risti antara usia dua tahun hingga 64 tahun dengan riwayat penyakit anemia, gagal ginjal dan splenektomi.

Direktur Eksekutif Operasi PHCC Dr. Samya Al Abdulla mengatakan jamaah yang sudah melakukan vaksin sebelum berangkat ke Arab Saudi juga menjamin mereka tidak akan membawa dan menyebarkan penyakit menular ketika pulang ke Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement