Senin 15 Aug 2016 00:23 WIB

Calhaj Sukabumi yang Belum Peroleh Visa Tersisa Belasan Orang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Calon Jamaah Haji Kota Bandun di Asrama Haji Bekasi.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Calon Jamaah Haji Kota Bandun di Asrama Haji Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Belasan calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Sukabumi belum mendapatkan visa haji. Proses pembuatan visa terhadap belasan calhaj tersebut masih terus diupayakan.

"Informasi terakhir dari Kementerian Agama (Kemenag), tinggal belasan calhaj yang belum dapat visa," ujar Kepala Bagian Keagamaan Pemkab Sukabumi Ali Iskandar kepada Republika.co.id Ahad (14/8). Diharapkan, visa haji belasan calhaj ini bisa rampung dalam beberapa hari ke depan.

Menurut Ali, masalah keterlambatan visa haji ini juga terjadi pada 2015 lalu. Pada saat itu para calhaj yang belum mendapatkan visa tetap diberangkatkan ke embarkasi Jakarta. Mereka akhirnya bisa diberangkatkan bersama dengan Kloter dari daerah lain.

Sementara pada tahun ini para calhaj yang belum mendapatkan visa tidak diberangkatkan ke embarkasi. Mereka akan dimundurkan jadwal pemberangkatannya hingga visanya turun.

 

"Sekitar 178 calon jemaah haji yang harusnya berangkat 13 Agustus akhirnya dimundurkan," ujar Ali. Dampaknya para calhaj tersebut dimundurkan pemberangkatannya hingga 19 Agustus mendatang bergabung dengan Kloter 30 asal Sukabumi. Sementara posisi para calhaj tersebut digantikan dengan sejumlah calhaj Sukabumi di Kloter 30 dan 62 yang visanya sudah lebih dahulu turun.

Ali mengatakan, calhaj Kloter 30 diberangkatkan pada 19 Agustus dan Kloter 62 pada 1 September mendatang. Para calhaj yang dimajukan jadwal keberangkatannya tersebut sudah diberangkatkan bersama dengan calhaj di Kloter 13.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement