Senin 15 Aug 2016 17:38 WIB

10 Rute Layanan Bus Shalawat

Bus Shalawat
Foto: Republika/Ratna Puspita
Bus Shalawat

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Daerah Kerja Mekkah,Arab Saudi mengoperasikan 314 bus Shalawat di 10 rute selama 24 jam untuk mempermudah pergerakan 155.200 jamaah haji dari pemondokan menuju Masjidil Haram, Mekkah dan sebaliknya guna melakukan shalat atau umrah wajib.

Terdapat 10 rute layanan bus Shalawat, yang dapat dibedakan melalui warna stiker yang menempel di badan bus.

Bus Rute 1 dengan warna stiker biru yang melayani rute Aziziah Janubiah-Mahbas Jin akan bergerak di enam halte dan melayani 10.296 jamaah yang tersebar di sembilan pemondokan. Di masa puncak akan beroperasi 24 bus.

Bus Rute 2 dengan warna stiker kuning yang melayani rute Aziziah Syimaliah 1 -Mahbas Jin akan bergerak di tiga halte dan melayani 14.706 jamaah yang tersebar di delapan pemondokan. Di masa puncak beroperasi beroperasi 37 bus.

Bus Rute 3 dengan warna stiker merah yang melayani rute Aziziah Syimaliah 2 - Mahbas Jin akan berhenti di satu halte dan melayani 1.576 jamaah yang tersebar di dua pemondokan. Di masa puncak akan beroperasi lima bus.

Bus Rute 4 dengan warna stiker putih yang melayani rute Mahbas Jin - Bab Ali akan berhenti di lima halte dan satu terminal transit. Bus ini akan melayani 42.773 jamaah yang tersebar di 23 pemondokan. Pada saat puncak akan dioperasikan 58 bus.

Bus Rute 6 dengan warna stiker ungu yang melayani rute Syiyah Raudhah - Syib Amir akan berhenti di lima halte dengan kapasitas 10.288 jamaah yang tersebar di enam pemondokan. Di masa puncak akan beroperasi 26 bus.

Bus Rute 7 dengan warna stiker hijau yang melayani rute Syisyah 1 - Syib Amir akan berhenti di empat halte dengan kapasitas 11.212 jamaah yang tersebar di 11 pemondokn.

Bus Rute 8 dengan warna stiker abu-abu yang melayani rute Syisyah 2 - Syib Amir berhenti di lima halte dengan kapasitas 15.768 jamaah yang tersebar di 24 pemondokan. Jumlah bus di masa puncak 38.

Bus Rute 9 dengan warna stiker merah jambu yang melayani rute Raudhah - Syib Amir berhenti di lima halte dengan kapasitas 12.658 jamaah yang tersebar di 12 pemondokan. Di waktu puncak akan dioperasikan 28 bus.

Bus Rute 10 dengan warna stiker hitam melayani rute Biban/Jarwal - Rea Bakhas/Jiad dan berhenti di dua halte serta melayani 8.280 jamaah yang tersebar di tiga pemondokan. Jumlah us di masa puncak 18.

Sementara itu bus Rute 11 dengan warna stiker coklat melayani rute Misfalah/Nakkasah - Rea Makhas/Jiad dan berhenti di empat halte serta melayani 14.512 jamaah yang tersebar di 10 pemondokan. Jumlah bus di masa puncak adalah 32.

Di sekitar Masjidil Haram terdapat tiga terminal bus yaitu terminal Bab Ali, Syib Amir dan Rea Makhas/Jiad.

Jamaah haji yang tinggal di sektor satu hingga empat akan turun dan naik dari terminal Bab Ali, sedangkan jamaah yang tinggal di sektor lima dan enam akan naik dan turun di terminal Syib Amir, sementara jamaah di sektor tujuh hingga sembilan akan menggunakan terminal Jiad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement