Rabu 17 Aug 2016 12:42 WIB

Sebelum Berangkat, Calon Haji Ikut Upacara Kemerdekaan

Seorang calon jamaah haji melakukan tes pemeriksaan kesehatan saat masuk di Asrama Haji Palu, Sulawesi tengah, Senin (15/8).
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Seorang calon jamaah haji melakukan tes pemeriksaan kesehatan saat masuk di Asrama Haji Palu, Sulawesi tengah, Senin (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Ratusan calon haji asal Yogyakarta yang tergabung dalam Kelompok Terbang 23 Embarkasi Surakarta mengikuti upacara Hari Ulang Tahun Ke-71 Kemerdekaan RI di halaman Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu.

Jamaah calon haji kloter tersebut mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekan RI bersama Satuan Tugas Embarkasi Surakarta, sebagai yang pertama kalinya selama penyelenggaraan ibadah haji Embarkasi Surakarta sejak 1997 hingga sekarang.

Saptono Subari (70), calon haji asal Yogyakarta yang menjadi peserta upacara itu, mengatakan jamaah mengikuti dengan penuh semangat dan khimad.

"Saya senang sekali bisa mengikuti upacara di sela kegiatan ibadah haji ini. Saya bersama rombongan Kloter 23 akan diberangkatkan ke Tanah Suci, sekitar pukul 23.55 WIB," katanya.

Ia berpesan terhadap generasi muda untuk tetap mengenang sejarah perjuangan bangsa dengan para pejuang yang telah gugur untuk dalam mendirikan RI. Mereka harus tetap berjuang untuk kesatuan bangsa da negara tercinta.

Wakil Sekretaris II Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarakasi Surakarta Ahmadi mengatakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Asrama Haji Donohudan Boyolali itu, baru pertama kali diikuti oleh jamaah calon haji dan hal itu menjadi catatan sejarah sejak dibuka Embarkasi Surakarta pada 1997 hingga sekarang.

"Calon haji yang ikuti upacara kebetulan dari Kloter 23 asal Kota Yogyakarta. Mereka sangat antusias mengikuti upacara ini. Jamaah maunya akan ikut upacara seluruhnya," katanya.

Namun, PPIH Embarkasi membatasi jamaah calon haji yang ikuti upacara karena kondisi tempat upacara yang kurang memadahi sehingga hanya diwakili satu kloter.

"Kami melakukan upacara ini, tidak mengganggu kegiatan keberangkatan calon haji ke Tanah Suci. Calon haji ini, dijadwalkan diberangkatkan pada pukul 23.55 WIB, sehingga mereka memiliki waktu yang longgar ikut upacara untuk menghormati para pahlawan kemerdekaan," katanya.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement