Jumat 19 Aug 2016 20:56 WIB

Didampingi Tokoh Ormas, Amirul Haj Siap Berangkat ke Saudi

 Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan paparan sebelum melepas keberangkatan  calon jamaah haji kloter 1 asal Jakarta menuju tanah suci di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (9/8). (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan paparan sebelum melepas keberangkatan calon jamaah haji kloter 1 asal Jakarta menuju tanah suci di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (9/8). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Agama Lukman Hakim  Saifuddin akan menunaikan tugas sebagai Amirul Haj (pemimpin jamaah haji) penyelenggaraan haji tahun 1437 Hijriah/2016 Masehi pada 4 September 2016. Rencananya, Lukman pulang dari Arab Saudi pada 21 September.

"Rombongan Amirul Haj rencananya berangkat 4 September dan pulang 21 September," kata Kasubdit Pembinaan Petugas Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Khoirizi Dasir di Jakarta, Jumat (19/8).

Khoirizi mengatakan, Amirul Haj memiliki peran penting dan strategis dalam penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah Indonesia. Amirul Haj akan menjadi pemimpin jamaah haji Indonesia di Saudi. Dia juga akan melakukan hubungan kenegaraan dalam tataran politik dan memastikan misi haji jamaah Indonesia di Saudi sukses.

Kinerja Amirul Haj, kata dia, akan dibantu tim pendamping berikut para tokoh dari berbagai organisasi kemasyarakatan Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Al washliyah dan lainnya.

Dia mengatakan, terdapat sejumlah tokoh Muslim yang turut serta Lukman Hakim selaku Amirul Haj. Penetapan itu merujuk pada Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor 418 tahun 2016.

Sejumlah nama yang terlampir dalam SK itu di antaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KH Miftahul Akhyar (wakil Rais Aam PBNU), Marpuji Ali (anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah) dan Mahsusi (Kapusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang Kemenag).

Selain itu, terdapat nama Hasanuddin AF (Ketua Komisi Fatwa MUI), Abdullah Djaidi (Ketua Umum Pimpinan Pusat Al irsyad Al islamiyah), Mohammad Siddik (Ketua Umum DDII), Masyhuril Khamis (Sekjen PB Al washliyah), Ahmad Bagja (Ketua Dewan Masjid Indonesia) dan Anung Sugihantono (Dirjen Kesehatan Masyarakat).

Kemudian nama berikut juga terdapat di SK Menteri Agama seperti Agus Sartono (Deputi Menko PMK Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama), Khoirul Huda Basyir (Kabag Pimpinan pada Biro Umum Kementerian Agama) dan Maryono (Kabag Pimpinan pada Biro Umum Kementerian Agama).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement