Selasa 30 Aug 2016 06:11 WIB

Kesibukan di Pasar Hewan Kaikiyah Makkah

Rep: didi purwadi/ Red: Damanhuri Zuhri
Pasar hewan Kaikiyah, Makkah
Foto: ROL/Didi Purwadi
Pasar hewan Kaikiyah, Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kesibukan terlihat di pasar hewan Kaikiyah, Makkah, Arab Saudi, jelang puncak ibadah haji. Beberapa calon jamaah haji memilih pergi ke pasar Kaikiyah membeli kambing guna disembelih untuk membayar 'dam'.

Calon jamaah haji wajib membayar 'dam' karena memilih melaksanakan ibadah haji dengan cara tamattu', yaitu mendahulukan ibadah umrah ketimbang ibadah haji.

Di pasar seluas hampir satu hektare tersebut, ribuan kambing dipajang di kios-kios pedagang. Harga satu ekor kambing lumayan murah, yakni 250 riyal atau Rp 880 ribu.

Usai melakukan transaksi jual beli, kambing langsung dibawa ke gedung seluas lebih dari 500 meter persegi untuk disembelih dan dipotong-potong dagingnya.

Proses penyembelihan disaksikan langsung calon jamaah haji yang menjadi pembeli kambing tersebut. Sebelum disembelih, nama pemilik akan dibacakan terlebih dahulu, lantas sang penyembelih memekikkan kalimat basmallah dan takbir, Allahu akbar.

Selanjutnya, daging yang sudah dibersihkan itu akan didistribusikan kepada fakir miskin di sekitar Masjidil Haram. Jika masih berlebih, daging didistribusikan ke wilayah di luar Makkah. Dan jika masih berlebih lagi, daging disebar ke sejumlah negara tetangga Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement