Selasa 30 Aug 2016 14:22 WIB

Pasar Seng Favorit Jamaah Haji Indonesia

Alwi Shahab
Foto: Republika/ Musiron
Alwi Shahab

Oleh: Alwi Shahab, Wartawan Republika

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Arab Saudi dalam rangka perluasan Masjidil Haram telah menggusur bangunan-bangunan yang berdekatan dengan masjid suci ini. Di samping sejumlah hotel dan bangunan,turut tergusur pula Pasar Seng yang menjadi favorit jamaah haji dan umrah Indonesia untuk membeli oleh-oleh. Tapi, mereka yang melaksanakan rukun Islam kelima itu tidak perlu khawatir. Pasalnya, mereka pun bisa memperoleh apa yang dijual di Pasar Seng, Makkah, di Jakarta.

Seperti terlihat dalam foto, kini di sekitar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat,terdapat para pedagang–kebanyakan pedagang kaki lima–yang menjual barang dan makanan yang selama ini dijual di tanah suci. Para jamaah haji dan umrah mendapatkan oleh-oleh di tempat tersebut bila mereka kembali ke Jakarta.

Menurut sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, di sini terdapat barang-barang kerajinan khas Timur Tengah seperti terlihat di foto. Di pasar ini, kita akan mendapati berbagai jenis kurma, termasuk kurma ajwa yang dikenal dengan kurma Nabi.

Harga kurma tersebut sebesar Rp 300 ribu per kg dan merupakan kurma termahal. Sedangkan,kurma jenis lainnya berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per kg.Menurut para pedagang, kurma ini adalah sisa dari puasa dan Lebaran lalu. Mau air zamzam? Di sini pun dijual dengan harga Rp 250 ribu per jeriken ukuran 10 liter.

Kacang arab, kismis, dan kacang Iran (yang kulitnya agak besar) juga dijual di beberapa tempat di pasar ini. Busana Muslim, seperti gamis dan abaya, untuk wanita dengan berbagai ukuran terdapat di sini. Tidak ketinggalan, dijual pula peci haji. Bukan saja buatan Indonesia, tapi lebih banyak buatan Cina, termasuk tasbih produksi dari negara Tirai Bambu itu.

Barang-barang Cina memang membludak di pasar-pasar Indonesia, termasuk batik Cina yang harganya lebih murah daripada buatan batik Indonesia. Jika ingin membeli oleh-oleh haji dan umrah, datanglah ke Pasar Tanah Abang. Produk-produk itu kini juga dijual di Condet, Jatinegara, sampai ke Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement