Rabu 31 Aug 2016 14:24 WIB

Rute Jeddah-Makkah Gunakan Bus Upgrade

Rep: Didi Purwadi/ Red: Agung Sasongko
Bus upgrade yang akan digunakan untuk rute Jeddah-Makkah mulai Selasa (30/8) ini.
Foto: dok. PPIH Arab Saudi
Bus upgrade yang akan digunakan untuk rute Jeddah-Makkah mulai Selasa (30/8) ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi, Subhan Khalid, memastikan rute Jeddah-Makkah akan menggunakan bus upgrade mulai Selasa (30/8) ini. Beberapa kloter sebelumnya tidak bisa menggunakan bus upgrade karena ada permasalahan teknis.

‘’Sampai tadi malam (Selasa dinihari, tanggal 30/8) pukul 02.30, kita baru selesai rapat di KUH. Semuanya sepakat mulai pagi ini dilaksanakan upgrade untuk Jeddah-Makkah,’’ kata Subhan di Jeddah, Arab Saudi, pada Selasa (30/8).

Setelah tercapai keputusan, kata Khalid, semua pihak terkait seperti Naqabah (organda Arab Saudi) dan Kementerian Haji langsung menyiapkan segala sesuatunya agar tidak mengganggu layanan lainnya terutama layanan transportasi jamaah negara lain. Setelah melakukan reschedule dan menemukan kesepakatan teknisnya, kloter pertama yang akan menggunakan bus upgrade akhirnya bisa diberangkatkan pada Selasa ini.

Jamaah dari Kloter JKG-31 menjadi kloter pertama yang akan menggunakan bus upgrade untuk rute Jeddah-Makkah. Kloter berikutnya akan menggunakan fasilitas bus upgrade ini. ‘’Sekitar 84 kloter yang tersisa, akan menggunakan bus upgrade,’’ katanya. ‘’Jumlah jamaahnya sekitar 34.300an.’’

Subhan mengatakan pemerintah sebenarnya sudah menjalin kontrak kerjasama dengan empat perusahaan bus dengan empat rute yang di dalamnya termasuk rute Jeddah-Makkah. Rute Jeddah-Makkah ini baru pertama kali diusulkan untuk menggunakan jasa bus upgrade.

Atas persetujuan dengan Naqabah, usulan bus upgrade untuk rute Jeddah-Makkah akhirnya dibahas dengan menteri haji yang lama. Pada bulan Ramadhan lalu, menteri haji yang lama itu diganti dengan menteri haji yang baru.

‘’Kita akhirnya mengirim surat ke menteri yang baru untuk memberitahukan tentang persetujuan upgrade untuk rute Jeddah-Makkah,’’ katanya. ‘’Menteri haji yang baru, minta waktu untuk dipelajari.’’

PPIH Arab Saudi belum mendapat persetujuan dari menteri haji yang baru, hingga operasional pemberangkatan jamaah dari Jeddah ke Makkah dimulai. Dan, akhirnya persetujuan tersebut akhirnya didapat hingga pemberangkatan rute Jeddah-Makkah dengan menggunakan bus upgrade akhirnya bisa dilaksanakan pada Selasa ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement