Rabu 31 Aug 2016 17:51 WIB

Wali Kota Cimahi Lepas 395 Calon Jamaah Haji

Rep: Umar mukhtar/ Red: Damanhuri Zuhri
calon jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Yasin Habibi/Republika
calon jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Wali Kota Cimahi Atty Suharti melepas 395 calon jamaah haji asal Kota Cimahi dan enam petugas kloter 60 asal Kota Cimahi di Aula Pusdik Armed, Selasa (31/8/2016). Ia berpesan kepada para calon jamaah Haji untuk selalu menjaga kondisi kesehatan.

Atty menjelaskan, 395 calon jamaah plus enam petugas haji akan berangkat menuju Asrama Haji Bekasi. Mereka akan digabungkan dengan 44 calon jamaah haji haji asal Kota Bogor. Kemudian, pada Kamis (1/9), total 445 jemaah haji Cimahi dan Kota Bogor berangkat menuju Makkah.

“Nanti dalam melakukan aktifitasnya akan membutuhkan energi yang tinggi dengan waktu yang lama, sedangkan waktu istirahat sangat terbatas, kiranya yang kita butuhkan bagaimana strategi mengelola energi yang dibutuhkan tubuh kita. Jaga kesehatan, perhatikan asupan makanan,” kata Atty mengingatkan.

Selain itu, Atty juga menghimbau para calon jamaah haji untuk menunjukan kepedulian kepada sesama para jamaah. "Kita harus saling tolong menolong sebagai kegiatan amal shaleh sekaligus menjamin keselamatan rombongan,” ujar dia.

Pada ritual ibadah haji tersebut, lanjut dia, akan berkumpul jutaan orang dari berbagai negara yang tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Untuk itu, para calon jamaah haji diharapkan mampu menyesuaikan perbedaan kondisi di Indonesia dengan di Makkah.

"Jutaan jamaah akan berkumpul di Madinah, Makkah dan tempat lainnya. Datang dari berbagai negara, berribu suku dan berjuta karakter. Jamaah dari Indonesia dikenal santun. Untuk itu jamaah dari cimahi bagian dari jamaah Indonesia harus mampu menjaga nama baik bangsa," ujar dia.

Atty jug berpesan kepada para calon jamaah Haji untuk mendoakan Kota Cimahi di tempat-tempat mustajab. Bila memiliki waktu, calon jamaah haji asal Cimahi diharapkan memohon pada Allah SWT, agar kota Cimahi dijaga keamanannya dari berbagai gangguan, diteduhkan hati rakyatnya, dimudahkan pembangunan kotanya, agar pelayanan kepada rakyat dipenuhi secara bertahap.

Di Kabupaten Bandung Barat, ada sebanyak 846 calon jamaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, 17 dan 30 Agustus lalu. Pemberangkatan calon jamaah haji tersebut akan dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama dengan nomor kloter pemberangkatan 25 dan gelombang dua dengan nomor kloter 56.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement