Rabu 07 Sep 2016 09:44 WIB

Menag: Persiapan Armina Berjalan Sesuai Rencana

Rep: didi purwadi/ Red: Damanhuri Zuhri
 Jamaah haji sedang wukuf di Arafah
Jamaah haji sedang wukuf di Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, bersama rombongan Amirul Hajj melakukan tinjauan lapangan ke Arafah-Muzdalifah-Mina (Armina) guna memantau persiapan Armina yang waktunya tinggal tiga atau empat hari lagi.

Dalam tinjauan lapangan, Selasa (6/9) sore waktu setempat itu, Lukman mengatakan persiapan sudah berjalan sesuai rencana.

"Alhamdulillah, sejauh ini kita patut bersyukur," ungkap Menag Lukman saat meninjau persiapan Armina di Muzdalifah, Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/9).

"Tampaknya persiapan berjalan sebagaimana harapan, dan tentu pemerintah Indonesia memberikan apresiasi kepada Muassasah Asia Tenggara yang tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya."

Tim Menteri Agama meluncur dari Daker Makkah di Syisyah menuju Arafah pada sore hari selepas Shalat Ashar. Di Arafah, kata Lukman, rombongan melihat tenda-tenda sudah terpasang dengan baik. Kondisi karpetnya juga relatif masih baru.

Setiap maktab dilengkapi dengan dapur yang nanti menyediakan makan bagi para jamaah. Termasuk juga air minum dalam kemasan botol, air panas, dan air dingin.

"Jadi, kita berharap mudah-mudahan jamaah tahun ini di Arafah bisa lebih nyaman, karena setiap kemah akan dilengkapi waterfan yang dilengkapi air penyejuk udara,’’ katanya.

Rombongan juga meninjau dapur Armina yang akan memasok makanan sebanyak tiga kali makan setiap hari kepada jamaah haji Indonesia. Menag berharap, makanan dan minuman bagi jamaah jangan sampai kekurangan.

Terutama pasokan air karena kondisi Arafah terbilang terik, sehingga jamaah butuh cukup pasokan air minum agar tidak mengalami dehidrasi. "Kita sepenuhnya mempercayakan pada maktab-maktab melalui Muassasah untuk menyediakan air minum yang cukup,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement