10 Kloter Masuk dalam Kepulangan Kloter Awal

Kamis , 15 Sep 2016, 08:21 WIB Reporter :Didi Purwadi/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Jamaah haji menunggu kepulangan di Bandara Jeddah, Arab Saudi.
Jamaah haji menunggu kepulangan di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kloter pertama pemulangan jamaah haji Indonesia ke Tanah Air akan berlangsung pada Sabtu (17/9) dinihari waktu setempat. Ada sebanyak 10 kloter yang tergabung dalam kloter pertama kepulangan ini.

 

Terkait

Sedikitnya ada 10 kloter yang akan kembali ke Tanah Air pada hari pertama pemberangkatan. Berdasarkan data yang dirilis dalam aplikasi Haji Pintar, kesepuluh kloter yang akan dipulangkan pada tahap awal adalah JKS 001, JKG 001-JKG 002, BTH 001, MES 001, PDG 001, BDJ 001, SUB 001-SUB 002, dan UPG 001.

Kepala Bidang Transportasi PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, Subhan Cholid, mengatakan pemberangkatan kloter-kloter awal pemulangan akan dilakukan Sabtu (17/9) dini hari waktu Arab Saudi. Mereka akan terbang menuju Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah.

"Mereka harus segera segera bersiap. Karena, penimbangan barang bawaan (koper) harus dilakukan 48 jam sebelum penerbangan yakni Kamis 15 September," kata Subhan di Mina, Kamis (15/9).

Subhan mengatakan pihaknya sudah menyampaikan jadwal pemulangan ke pihak muassasah, naqabah (organda Saudi), dan syarikah (perusahaan bus Saudi) agar disiapkan sarana transportasi yang akan membawa jamaah dari Makkah menuju Jeddah. "InsyaAllah bus tetap up-grade pada pemulangan ini,’" katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini