Senin 19 Sep 2016 02:42 WIB

Jamaah Asal Inggris Ini Sudah 30 Kali Naik Haji

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Teguh Firmansyah
Jamaah haji melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah.
Foto: Antara/Kuwadi/ca
Jamaah haji melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID,   MAKKAH – Setiap kali musim haji tiba, jutaan umat muslim di seluruh dunia berbondong-bondong mendatangi kota suci Makkah. Semua menyambut suka cita dan melakukan prosesi ibadah haji secara khusyuk dengan didampingi oleh seorang pemimpin kelompok jamaah haji pada masing-masing negara.

Mohammad Mustapha Briton merupakan salah satu pemimpin haji dari Inggris. Pada musimm haji tahun ini setidaknya ia sudah 30 kali naik haji sambil mendampingi para jamaah dari negaranya. Setiap kali bertugas, Mohammad berkewajiban untuk membimbing mereka agar dapat melaksanakan ibadah haji melalui tahap yang dianjurkan secara khusyuk.

 

"Saya juga bertugas menjadi penerjemah dan membimbing mereka melaksanakan ibadah haji. Saya merasa bangga kepada pekerjaan saya ini, pekerjaan ini juga saya anggap sebagai tugas negara untuk membantu para jamaah dari negara saya sendiri,” kata Mohammad seperti yang dilansir Saudigazette.com, Ahad (18/9).

 

Mohammad pun mengaku sangat senang dengan pekerjaannya saat ini. Apalagi ia juga dapat membimbing para jamaah yang baru pertama kali melaksanakan ibadah haji. Biasanya banyak yang tidak terlalu paham dengan proses haji. Meski mereka terlihat bingung, namun raut kebahagiaan tetap tampak di wajah mereka.

Baca juga, Simon Collins, Dubes Inggris Pertama di Saudi yang Tunaikan Haji.

Melihat kebahagiaan jamaahnya tersebutlah yang akhirnya membuat Mohammad juga menjadi ikut senang dan bahagia dengan pekerjaan yang dijalankan saat ini. Hal ini sudah bertahun-tahun selalu ia dapatkan ketika musim haji tiba.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement