Senin 19 Sep 2016 09:48 WIB

347 Jamaah Haji akan Tiba di Sampang Hari Ini

Jamaah haji menunggu kepulangan di Bandara Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Heri Ruslan/ca
Jamaah haji menunggu kepulangan di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPANG  -- Sebanyak 347 jamaah haji dari kelompok terbang (kloter) 4 Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Senin (19/9) sekitar pukul 15.30 WIB akan tiba di Kota Sampang. "Pagi ini panitia haji Sampang telah berada di Asrama Haji Sukolilo guna menjemput ke-347 jamaah haji asal Kabupaten Sampang itu," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang Mujalli di Sampang, Senin.

Ia menjelaskan ke-347 jamaah haji itu akan diangkut dengan menggunakan delapan bus. Selanjutnya akan dilakukan penyambutan oleh Bupati Sampang Fannan Hasib di pendopo pemkab setempat. "Jadi sebelum pulang ke rumahnya masing-masing para jamaah haji ini masih akan mengikuti prosesi penjemputan," katanya menjelaskan.

Menurut Kepala Kemenag, khusus untuk mengamankan kedatangan jamaah haji itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan petugas keamanan dari Polres Sampang. Hal itu dilakukan karena tradisi penjemputan jamaah haji di Sampang melibatkan banyak orang, yakni satu jamaah haji biasanya dijemput hingga ratusan orang.

Kuota jamaah haji di Kabupaten Sampang tahun ini sebanyak 426 orang sesuai dengan ketentuan panitia pelaksana ibadah haji pusat. Namun, dari kuota itu yang berangkat ke Tanah Suci Makkah menunaikan ibadah haji ada 347 orang. Sedangkan sisanya gagal berangkat karena berbagai alasan.

Selain karena tidak bisa melunasi biaya haji, di antara mereka ada yang sengaja menunda karena ingin berangkat bersama kerabat dekatnya. "Ada juga yang tidak bisa berangkat karena hamil," kata Mujalli menjelaskan.

Jumlah jamaah haji asal Kabupaten Sampang yang menunaikan ibadah haji tahun ini, lebih banyak dibanding jumlah jamaah haji yang menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun lalu. Sebab, pada musim haji 2015, jamaah haji asal Kabupaten Sampang yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah menunaikan ibadah haji sebanyak 345 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement