Ahad 04 Dec 2016 16:03 WIB

Jamaah Umrah Lampung, Bengkulu, Jambi dan Babel Via Palembang

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Bandara Palembang
Foto: Republlika/Edwin Dwi Putranto
Bandara Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Garuda Indonesia membuka rute baru penerbangan Palembang – Jeddah dengan penerbangan perdana 14 Desember 2016. Penerbangan ini untuk melayani calon jamaah umrah dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang terbang langsung tanpa melalui bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Rencana penerbangan tersebut mendapat respons positif dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Bahkan dia dijadwalkan akan melepas langsung penerbangan perdana tersebut dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Saudi Arabia.

“Penerbangan langsung Palembang menuju Jeddah sudah menjadi keinginan masyarakat Sumatera Selatan sejak lama, khususnya untuk penerbangan umrah. Setelah penerbangan haji langsung Palembang – Jeddah kini penerbangan umrah,” kata Alex Noerdin, Ahad (4/12).

Alex Noerdin mengharapkan, penerbangan umrah tersebut juga bisa dimanfaatkan calon jamaah umrah dari provinsi lain. “Kepada konsorsium biro perjalanan haji dan umrah bisa menawarkan rute baru ini kepada jamaah dari Provinsi Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung. Terbang langsung dari Palembang – Jeddah tanpa harus transit ke Jakarta,” ujarnya.

Menurut Alex Noerdin, penerbangan umrah dari Palembang – Jeddah memiliki nilai lebih dibandingkan terbang via Jakarta. “Konsorsium bisa menawarkan penerbangan dari Palembang, calon jamaaah umrah bisa menjalankan manasik terlebih dahulu dengan memanfaatkan fasilitas replika Kabah dan lintasan sai dengan ukuran yang sama seperti di Masjidil Haram.

Selain manasik, menurut Gubernur Sumsel, calon jamaah umrah sebelum terbang juga bisa dilatih menggunakan fasilitas di pesawat udara seperti penggunaan lavatory atau toilet. “Di kompleks asrama haji Sumatera Selatan memiliki mock up pesawat jenis Airbus 300. Ini merupakan asrama haji terlengkap dan terbaik fasilitasnya di Indonesia,” kata Alex Noerdin.

Sementara itu menurut Asa Perkasa General Manager Garuda Perwakilan Palembang, pihaknya akan membuka rute penerbangan khusus angkutan umrah dari Palembang langsung ke Jeddah. “Penerbangan perdana umrah dari Palembang melalui bandara SMB II akan dilaksanakan pada 14 Desember 2016,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement