Jumat 30 Dec 2016 10:11 WIB

Penerbangan Umrah Langsung Palembang – Jeddah Telah Dibuka

Rep: maspriel ries/ Red: Muhammad Subarkah
Seorang pramugari membimbing para calon jamaah umrah di kabin pesawat dalam penerbangan langsung menuju Jeddah.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Seorang pramugari membimbing para calon jamaah umrah di kabin pesawat dalam penerbangan langsung menuju Jeddah.

REPUBLIKA.CO.ID,Penerbangan Umrah Langsung Palembang – Jeddah Telah Dibuka



PALEMBANG --- Untuk pertama kalinya Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung calon jamaah umrah dari Sumatera Selatan (Sumsel) menuju Jeddah, Saudi Arabia. Penerbangan langsung perdana dari bandar udara (bandara) internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II menuju bandara King Abdul Aziz di Jeddah, Rabu (14//12) dilepas Gubernur Sumsel Alex Noerdin.



"Penerbangan perdana langsung Palembang – Jeddah bagi calon jamaah umrah tersebut menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-300,'' kata General Manager Garuda Indonesia Perwakilan Palembang, Asa Perkasa. “Penerbangan umrah perdana langsung Palembang  - Jeddah hari ini para penumpang diterbangkan dengan GA 8722 dengan jumlah 339 orang,” tukasnya lagi.



Asa Perkasa menjelaskan, penerbangan umrah perdana ini merupakan charter flight pesawat Garuda oleh konsorsium biro perjalanan haji umrah.“Nantinya, dalam satu pekan kita rencanakan akan ada satu penerbangan umrah langsung dari Palembang – Jeddah yang dilayani Garuda Indonesia,” ujarnya

.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat melepas para 'tamu Allah' tersebut mengatakan, “Penerbangan umrah langsung dari Palembang menuju Jeddah tanpa melalui Jakarta sudah lama menjadi keinginan masyarakat Sumatera Selatan. Keinginan itu sudah ada sejak bertahun - tahun yang lalu.”



Alex Noerdin juga menjelaskan, saat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggagas perlu adanya penerbangan umrah langsung bandara SMB II menuju bandara King Abdul Aziz langsung disambut baik seluruh travel atau biro perjalanan haji dan umrah yang ada di Sumsel. 



“Para pengusaha biro perjalanan haji dan umrah tersebut langsung membentuk konsorsium. Konsorsium menjalin kerjasama dengan pemerintah provinsi, kementerian agama, dinas terkait dan PT Angkasa Pura maka akhirnya, hari ini rencana tersebut bisa terealisasi. Ini suatu hal yang luar biasa, jangan berhenti sampai hari ini saja. Insya Allah ke depan setiap pekan ada keberangkatan jamaah umrah langsung dari Palembang – Jeddah,” kata Alex Noerdin.



Pada penerbangan perdana umrah langsung Palembang – Jeddah menurut Gubernur Alex Noerdin, sebagian besar calon jamaah umrah yang diterbangkan Garuda Indonesia adalah para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, atlet dan orang-orang berprestasi.



Sementara itu menurut Khoiriyah seorang pengelola biro perjalanan haji dan umrah, dari perusahaannya pada penerbangan perdana umrah kali ini ada sebanyak 97 calon jemaah umrah yang berangkat. “Selama ini kami memberangkatkan calon jamaah umrah dari Sumsel melalui bandara Soekarno-Hatta di Jakarta,” katanya. //Maspril Aries//



Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement