Selasa 03 Jan 2017 06:07 WIB

43 Jamaah Umrah Asal Sambas Terlantar di Jeddah

Jamaah umrah terlantar. (ilustrasi/antara)
Foto: Antara
Jamaah umrah terlantar. (ilustrasi/antara)

IHRAM.CO.ID, PONTIANAK — Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Sambas, Hamzah mengatakan travel yang membawa 43 jamaah umrah asal Kabupaten Sambas yang terlantar di Kota Jeddah merupakan travel tanpa koordinasi dengan Kemenag Kabupaten Sambas.

"Sampai saat ini kami dengar kabar memang masih terbengkalai di Jeddah. Soal persisnya seperti apa kami tidak tahu karena tidak ada koordinasi dari travel tersebut dengan Kemenag,"ujarya saat dihubungi Antara di Sambas, Senin (2/1).

Hamzah menjelaskan travel yang bersangkutan tersebut dikabarkan berpusat di Jakarta. Menurutnya travel yang menelantarkan jamaah asal Sambas berbeda dengan travel lainnya yang kebanyakan memiliki perwakilan di Kabupaten Sambas.

"Sepengetahuan kita, kantor pusat travel ini ada di Jakarta, jadi jamaah yang berangkat dibawa ke Pontianak baru kemudian ke Jakarta lagi,"terangnya.

Dikatakannya, perekrutan jemaah umrah dari travel tersebut diketahui bernama Mufizar, warga Desa Tanjung Mekar Kecamatan Sambas.

"Yang kita tahu untuk perwakilan Travel Aulia ini adalah Saudara Mufizar. Pak Mufizar ini sudah pernah membawa jemaah umrah, namun kali ini tidak ada koordinasi dengan Kemenag,"kata dia.

Dengan adanya kasusnya penelantaran jamaah umroh dan sebagainnya ia berharap masyarakat untuk berhati-hati mencari travel yang resmi.

"Intinya cek dulu travel mana yang memiliki izin dan sesaui kententuan yang ada. Ingin memastikannya lebih paham bisa datang saja ke Kemenag untuk memastikan apakah sebuah travel tersebut tercatat atau resmi,'' kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement