Kamis 05 Jan 2017 14:13 WIB

Jamaah Haji Kalsel 2017 akan Tempati Penginapan Bintang Tiga

Penginapan Haji/Ilustrasi
Penginapan Haji/Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Jamaah haji Provinsi Kalimantan Selatan pada keberangkatan ibadah haji tahun 2017 ini akan menempati penginapan berbintang tiga yang gedungnya baru saja selesai dibangun.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel H Noor Fahmi di Banjarmasin, Rabu menyatakan, gedung baru untuk penginapan jamaah haji di Asrama Haji di Jalan A Yani KM 28, Landasan Ulin, Banjarbaru, dipastikan beroprasi tahun ini.

Menurut Noor Fahmi, gedung baru untuk penginapan jamaah tersebut akan dilengkapi fasilitasnya sebagaimana fasilitas hotel kelas bintang tiga. "Ini untuk peningkatan pelayanan jamaah haji," ujarnya.

Kepala UPT Asrama Haji Banjarmasin Faisal membenarkan bahwa fasilitas gedung yang dibangun melalui dana APBN sekitar Rp60 miliar tersebut layaknya hotel bintang tiga. Menurut dia, para jamaah akan menempati lantai dua, tiga dan empat dengan total kamar sebanyak 63 buah.

 

"Jadi bisa menampung 252 jamaah, memang tidak bisa satu kloter," tuturnya.

Sehingga, ujar dia, jamaah lainnya akan menempati gedung lama. "Makanya kita ajukan lagi pembangunan satu gedung yang sama ini," paparnya.

Dia mengatakan, jika tidak bulan haji, maka gedung penginapan jamaah ini bisa dikomersilkan. "Kita buka untuk umum, bahkan lantai satu ini bisa digunakan untuk acara metting atau orentasi, karena ada ruang cukup besar," paparnya.

Dia pun berencana bekerjasama dengan kantor kesehatan pelabuhan untuk tes kesehatan jamaah, termasuk jamaah umrah. "Jadi para jamaah umrah bisa mengikuti manasik di sini, sekalian menginap untuk menikmati fasilitas di sini, pastinya sangat indah," paparnya.

Faisal mengatakan, bahwa peresmian gedung baru penginapan jamaah haji tersebut direncanakan vulan Maret atau Juni. "Moga nanti bapak menteri agama yang bisa datang dan meresmiksn," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement