Selasa 17 Jan 2017 16:56 WIB

Jatah Kuota Haji Lampung Kembali Seperti Semula

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Heri Ruslan/Republika Online
Jamaah haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Jatah kuota haji untuk jamaah calon haji wilayah Provinsi Lampung akan kembali seperti semula sebanyak 6.200 jamaah. Sebelumnya, kuota haji asal Lampung mendapat potongan jumlah 20 persen menjadi 5.026 jamaah beberapa tahun terakhir.

“Setelah ada penambahan kuota nasional, untuk kuota haji Provinsi Lampung akan kembali seperti semula. Tapi, masih menunggu surat resmi dari Menteri Agama (Menag),” kata Kepala Subbag Humas Kanwil Kemenag Lampung, Istutiningsih kepada Republika.co.id di bandar Lampung, Selasa (17/1).

Ia belum bisa memastikan jumlah persisnya karena kuota untuk masing-masing provinsi belum disertai surat dari Menag. Namun, untuk keberangkatan haji tahun ini, ada penambahan kuota haji untuk Lampung diperkirakan jatahnya kembali seperti semula sebanyak 6.200 jamaah.

Mengenai penambahan kuota untuk prirotas jamaah haji asal Lampung yang berangkat musim haji tahun ini, Istutiningsih mengatakan belum ada pembahasan karena belum ada surat resmi dari Kemenag soal jumlah kuotanya. Seperti keberangkatan haji tahun-tahun sebelumnya, ia menambahkan prioritas tetap diberikan kepada jamaah calon haji yang golongan lanjut usia, jamaah yang tidak memiliki muhrim, jamaah yang mengalami kesulitan secara fisik, dan prioritas lainnya.

“Kalau secara khusus belum ada pembahasan (di Kanwil Kemenag Lampung, Red). Tapi, seperti tahun-tahun sebelumnya, jamaah lansia, yang tidak ada mahrom dan kesulitan fisik tetap menjadi prioritas selagi kuotanya mencukupi,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement